Rancangan Model CIPP Berbasis WP Untuk Mengevaluasi Keefektifan Pembelajaran Online
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.47894Keywords:
Model Evaluasi, CIPP, WP, Sekolah Tinggi Ilmu KesehatanAbstract
Keefektifan pembelajaran online pada sekolah tinggi ilmu kesehatan sangat mempengaruhi kualitas proses dan output pembelajaran yang dihasilkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menterjadikannya adalah melalui suatu kegiatan evaluasi dengan menggunakan model evaluasi yang tepat. Salah satu bentuk inovasi yang dihadirkan adalah model evaluasi CIPP. Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan kualitas rancangan model CIPP berbasis WP yang digunakan sebagai landasan dalam melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran online pada sekolah tinggi ilmu kesehatan. Pengembangan model evaluasi mengacu pada desain Borg&Gall yang fokus pada tahapan desain. Alat pengumpulan data penelitian berupa angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas rancangan model evaluasi CIPP berbasis WP sudah terkategori baik dan siap digunakan sebagai landasan dalam melakukan kegiatan evaluasi pada sekolah tinggi ilmu kesehatan. Temuan penelitian ini adalah adanya model evaluasi pendidikan yang terintegrasi dengan metode pendukung keputusan. Implikasi dari penelitian ini bagi bidang evaluasi pendidikan adalah memudahkan para evaluator dalam menentukan aspek prioritas penunjang efektivitas pembelajaran online di perguruan tinggi ilmu kesehatan.
References
AbdiShahshahani, M., Ehsanpour, S., Yamani, N., Kohan, S., & Hamidfar, B. (2015). The Evaluation of Reproductive Health PhD Program in Iran: A CIPP Model Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.059. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.059
Abdurahim, I., Effendi, M. S., Alex, M. A., Muhamad, S., & Rosyani, P. (2021). Sistem Penunjang Keputusan Penjualan Pakaian Dengan Metode Weighted Product (WP). Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat, 1(3).
Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971
Afrizal, M. F. (2017). Analisis Metode Weighted Product (WP) dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solutions (TOPSIS) Pada Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Destinasi Wisata Kota Batu. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 1(2). https://doi.org/10.36040/jati.v1i2.2113.
Agung, A. A. G., Sudiarta, I. G. P., & Divayana, D. G. H. (2018). The Quality Evaluation of School Management Model Based on Balinese Local Wisdom using Weighted Product Calculation. Journal of Theoretical and Applied Information Technology. DOI: https://doi.org/10.2991/icirad-17.2017.30
Amin, L. H., Rochmawan, A. E., Fauzia, F. A., & Elihami. (2022). Evaluasi Model CIPP pada Perkuliahan Daring Fakultas Tarbiyah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Tahun 2021. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3033. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3033
Andiopenta, & Aripudin. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Sosiolinguistik Berbasis Hybrid Learning Melalui Borg and Gall Model Pada Mahasiswwa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi 2019/2020. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9). https://doi.org/10.47492/jip.v1i9.395.
Basri, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593
Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 1(2). https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109
Dalimunthe, M. B., Nugrahadi, E. W., Fitrawaty, & Dalimunthe, R. Z. (2019). Evaluation of Teacher Professional Training Program with Contextual, Input, Process, and Product (CIPP) Models. RedWhite Press PP - Jakarta. https://doi.org/10.32698/hum0213. DOI: https://doi.org/10.32698/hum0213
Damayanti, E., Ibrahim, M. M., & Ismail, M. I. (2022). Evaluation of Online Learning Programs at Universities Using the CIPP Model. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 6(1). https://doi.org/10.30983/educative.v6i1.4678. DOI: https://doi.org/10.30983/educative.v6i1.4678
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.vi1.89. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dhika, H., Destiawati, F., Sonny, M., & Surajiyo. (2019). Study of the use and application of the moodle e-learning platform in high school. Journal of Physics: Conference Series, 1175, 012219. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012219. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012219
Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., & Adiarta, A. (2019). Development of Countenance Application Oriented on Combining ANEKA-Tri Hita Karana as A Mobile Web to Evaluate the Computer Knowledge and Morality. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 13(2). https://doi.org/10.3991/ijim.v13i12.10858. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v13i12.10858
Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., & Giri, M. K. W. (2021). CIPP-SAW Application as an Evaluation Tool of E-Learning Effectiveness. International Journal of Modern Education and Computer Science. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2021.06.05. DOI: https://doi.org/10.5815/ijmecs.2021.06.05
Eliyen, K., & Efendi, F. S. (2019). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Penentuan Mustahiq Zakat. Infotekjar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 4(1). https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1476. DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1476
Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hasan, A., Yasin, S. N. T. M., & Yunus, M. F. M. (2015). A Conceptual Framework for Mechatronics Curriculum Using Stufflebeam CIPP Evaluation Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195(3). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.324. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.324
Hendra, D. D. G., Arta, S. P. W., & Surya, A. I. B. G. (2018). Physical design development for evaluate digital library application based on modified CSE-UCLA with weighted product. MATEC Web of Conferences, 197. https://doi.org/10.1051/matecconf/201819715003. DOI: https://doi.org/10.1051/matecconf/201819715003
Hidayat, T., & Komariah, S. (2019). Pemilihan Siswa-Siswi Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product (WP) Studi Kasus SMP-Al Fitroh Tangerang. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 7(2). https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.398. DOI: https://doi.org/10.33592/jutis.v7i2.398
Idrus, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427. DOI: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
Jayadi, Y. I., & Rakhman, A. (2021). Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan(MT) Anak Balita Pada Masa Pandemi Covid 19. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(2). https://doi.org/10.33860/jik.v15i2.465. DOI: https://doi.org/10.33860/jik.v15i2.465
Kaesmetan, Y., & Nawa, Y. L. (2017). Pemilihan Hotel Pada Kelurahan Oesapa Selatan Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Teknologi Terpadu, 3(1). https://doi.org/10.54914/jtt.v3i1.71. DOI: https://doi.org/10.54914/jtt.v3i1.71
Khandan, R., & Shannon, L. (2021). The Effect of Teaching–Learning Environments on Student’s Engagement with Lean Mindset. Education Sciences, 11(46). https://doi.org/10.3390/educsci11090466. DOI: https://doi.org/10.3390/educsci11090466
Khasanah, N. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Program Rintisan Ppjj (Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh) Iain Walisongo Menuju Pembelajaran Online (Kerjasama Dbe 2 Usaid Dengan Iain Walisongo Semarang). Phenomenon, 2(4). https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.417. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.417
Khlifi, Y., & El-Sabagh, H. A. (2017). A novel authentication scheme for E-assessments based on student behavior over E-learning platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(4), 62–89. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i04.6478. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v12i04.6478
Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91–104. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104
Kurnia, L. D., Haryati, S., & Linda, R. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Menggunakan Quizizz Pada Materi Termokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), 176–190. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.21727. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.21727
Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552
Morze, N., Varchenko-Trotsenko, L., Terletska, T., & Smyrnova-Trybulska, E. (2021). Implementation of adaptive learning at higher education institutions by means of Moodle LMS. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012062. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012062
Mubayrik, H. F. B. (2020). New Trends in Formative-Summative Evaluations for Adult Education. Sage. https://doi.org/10.1177/2158244020941006. DOI: https://doi.org/10.1177/2158244020941006
Neyazi, N., Arab, P. M., Farzianpour, F., & Majdabadi, M. M. (2016). Evaluation of selected faculties at Tehran University of Medical Sciences using CIPP model in students and graduates point of view. Evaluation and Program Planning, 69. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2016.06.013. DOI: https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2016.06.013
Nugroho, M. R., & Hadiwinarto. (2020). Evaluasi Strategi Pembelajaran pada Era New Normal di SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau. AT-TA’LIM: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2). https://doi.org/10.29300/attalim.v19i2.3862.
Purba, R. A. (2021). The Effectiveness Combination of Blended Learning and Flipped Classroom with Edmodo as a Digital Media Innovation for Learning From Home. Journal of Education Technology, 5(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36210. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36210
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Rati, N. W., & Rediani, N. N. (2020). E-learning Assissted by Finger Printing on Students’ Critical Thinking and Creativity. Journal of Education Technology, 4(4), 433. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.30214. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.30214
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Santoso, P. (2019). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Model Assure Untuk Membantu Guru Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Alat Ukur Listrik. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(2). https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.319. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.319
Saprudin, S. (2018). Analisis Kesiapan dan Strategi Monitoring Evaluasi Program Pengembangan Perkuliahan Gelombang dan Optik Berbasis Game. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 28–37. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.207. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.207
Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsap dan Youtube. Jurnal Educatio, 7(2), 520–526. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121.
Shifaurrohman, A., Wulan, R., & Prianto, S. I. (2021). Sistem Penunjang Keputusan Pembelian Sembako Terpopuler Saat Pandemi Covid-19 pada Toko Alfamin. JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), 1(3). https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i03.5834. DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i03.5834
Sudarti, & Putra, P. D. A. (2015). Real Life Video Evaluation Dengan Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1), 107696. https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7187.
Sugiarto, A., Rizky, R., Susilowati, Yunita, A. M., & Hakim, Z. (2020). Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Pegawai Pada CV Bejo Perkasa. Bianglala Informatika, 8(2). https://doi.org/10.31294/bi.v8i2.8806. DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v8i2.8806
Susliansyah, Aria, R. R., & Susilowati, S. (2019). Sistem Pemilihan Laptop Terbaik Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (WP). Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, 16(1). https://doi.org/10.33480/techno.v16i1.105. DOI: https://doi.org/10.33480/techno.v16i1.105
Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 122–128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tere, T., Bayu Seta, H., Nizar Hidayanto, A., & Abidin, Z. (2020). Variables Affecting E-Learning Services Quality in Indonesian Higher Education: Students’ Perspectives. Journal of Information Technology Education: Research, 19, 259–286. https://doi.org/10.28945/4489. DOI: https://doi.org/10.28945/4489
Tuna, H., & Başdal, M. (2021). Curriculum evaluation of tourism undergraduate programs in Turkey: A CIPP model-based framework. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 29. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100324. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100324
Wahyudi, F., Albar, M. A., & Afwani, R. (2021). Implementasi Metode Weighted Product pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Mataram. JTIKA (Jurnal Teknologi Informasi, Komputer dan Aplikasinya), 3(1). https://doi.org/10.29303/jtika.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.29303/jtika.v3i1.108
Wakano, A., Prihono, E. W., Hasanah, N., & Lapele, F. (2021). Evaluasi Sistem Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid-19. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 20(1). https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.1380.
Wanto, S., Okilanda, A., Arisman, Lanos, M. E. C., Putra, D. D., Lestari, H., Awali, M., & Oktariyana. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi, 3(2). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340. DOI: https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340
Widaningsih, S., & Manggala, R. B. R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Proyek Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode Weighted Product. Media Jurnal Informatika, 12(2). https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1198. DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1198
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Yang, K., Fang, H., Zhang, X., Li, B., & Hu, Q. (2022). nvestigation of mechanical properties of corroded concrete pipes after cured-in-place-pipe (CIPP) rehabilitation under multi-field coupling. Tunnelling and Underground Space Technology, 218. https://doi.org/10.1016/j.tust.2022.104656. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tust.2022.104656
Yati, F., & Yaswinda, Y. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RnD) dalam Bimbingan dan Konseling. Quanta, 5(3). https://doi.org/10.22460/q.v5i3p111-118.3051.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dewa Gede Hendra Divayana, Agus Adiarta, Nyoman Santiyadnya, P. Wayan Arta Suyasa, Made Susi Lissia Andayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)