LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Sinta Suwastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304

Keywords:

Interactive LKPD, scientific, ADDIE

Abstract

Kurangnya lembar kegiatan untuk proses pembelajaran daring mengakibatkan LKPD yang diberikan kepada peserta didik kurang maksimal sehingga mengalami kesulitan dalam mengingat materi ekosistem. Selain itu, umpan balik yang dirasakan peserta didik terhadap LKPD yang diberikan oleh guru kurang cepat. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk menciptakan LKPD interaktif berbasis pendekatan saintifik materi ekosistem pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menemukan hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh 96,42% (sangat baik), review ahli desain pembelajaran memperoleh 90,90% (sangat baik), review ahli media pembelajaran memperoleh 88,23% (baik), uji coba perorangan memperoleh 90,33% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil memperoleh 90,33% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif berbasis pendekatan saintifik materi ekosistem pada siswa kelas V SD layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190–203. https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5168.

Anisa, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Annisa, N. & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas Iv Sd Negeri 101776 Sampali. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 217–229. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199

Apertha, F. K. P., & Zulkardi, M. Y. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://core.ac.uk/download/pdf/267822059.pdf.

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Kalor Di Smp. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 13. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477. DOI: https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Bidayah, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 107–114. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651.

Choi, J., & Yi, Y. (2016). Teachers’ Integration of Multimodality Into Classroom Practices for English Language Learners. TESOL Journal, 7(2), 304–327. https://doi.org/10.1002/tesj.204. DOI: https://doi.org/10.1002/tesj.204

Diella, D., Ardiansyah, R., & Suhendi, H. Y. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains ( KPS ) Dan Penyusunan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 7–11. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/5574. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543

Haka, N. B., Makrupah, S., & Anggoro, B. S. (2020). Pengembangan website online berbasis blended learning untuk meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran IPA. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 66–76. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/20782.

Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183–208. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417

Ilhan, A., & Ekber Gülersoy, A. (2019). Discovery learning strategy in geographical education: A sample of lesson design. Review of International Geographical Education Online, 9(3). https://doi.org/10.33403/rigeo.672975. DOI: https://doi.org/10.33403/rigeo.672975

Izzuddin, A. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan Dasar. As-Sabiqun, 3(1), 45–63. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1313. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1313

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193. DOI: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kuning, D. S. (2018). Character Education for Indonesia in Globalization Era. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 118–126. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83

Listiani, L., & Kusuma, A. E. (2017). Memperkenalkan Penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Singkat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(1), 1. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235. DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235

Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) integrated science with the theme of the motion in life using integrated connected type 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012046. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012046

Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 227–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726

Nisa, H. dkk. (2020). Relevansi Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar Dengan Materi Ajar Tematik Kelas IV Tema 2. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 169–182. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2224. DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2224

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 03(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Öz, H. (2014). Pre-service English Teachers’ Perceptions of Web-based Assessment in a Pedagogical Content Knowledge Course. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 45–58. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.010

Pereira, S., Rodrigues, M. J., & Vieira, R. M. (2020). Scientific literacy in the early years–practical work as a teaching and learning strategy. Early Child Development and Care, 190(1). https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1653553. DOI: https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1653553

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 4–14. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817.

Prianoto, A. D., Gulo, F., & Effendi. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Kimia Untuk Pembelajaran Struktur Atom Di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8398.

Priatna, T. (2018). Inovasi Pembelajaran Pai Di Sekolah Pada Era. Jurnal TATSQIF (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan), 16(1), 16–41. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.158. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.158

Qekaj-Thaqi, A., & Thaqi, L. (2021). The Importance of Information and Communication Technologies (ICT) during the COVID-19—Pandemic in Case of Kosovo (Analytical Approach of Students Perspective). OALib, 08(07), 1–15. https://doi.org/10.4236/oalib.1106996. DOI: https://doi.org/10.4236/oalib.1106996

Rahayuningsih, D. I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515

Ratnaningtyas, Y. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 86–94. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/16672.

Rini, T. A., & Solehah, F. P. (2021). Development of E-Module for Online Training Minimum Competency Assessment for Elementary School Teacher. Proceeding of The International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609(Icite), 214–219. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.037. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.037

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672. DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Setyowati, W., Ibnu, S., & Kusumaningrum, I. K. (2020). Penerapan model pembelajaran react-tpk terhadap pemahaman konsep siswa dengan kemampuan awal berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 414. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13322. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13322

Suma, K., Suwindra, I. N. ., & Sujanem, R. (2020). The Effectiveness of Blended Learning in Increasing Prospective Physics Teacher Students’ Learning Motivation and Problem-Solving Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 436–445. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21947. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21947

Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289

Tejedor, G., Segalàs, J., Barrón, Á., Fernández-Morilla, M., Fuertes, M. T., Ruiz-Morales, J., Gutiérrez, I., García-González, E., Aramburuzabala, P., & Hernández, À. (2019). Didactic strategies to promote competencies in sustainability. Sustainability (Switzerland), 11(7), 1–24. https://doi.org/10.3390/su11072086. DOI: https://doi.org/10.3390/su11072086

Widiyanti, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Menggunakan Live Worksheet Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Eprints UMM, 20.

Widodo, W., Sari, D. A. P., Suyanto, T., Martini, M., & Inzanah, I. (2020). Pengembangan Keterampilan Pemodelan Matematis bagi Calon Guru IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 146–155. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.27042. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.27042

Wulandari, D. A., Wibawanto, H., Suryanto, A., & Murnomo, A. (2019). Pengembangan LKPD berbasis nature of science untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Saintifika, 21(2), 23–34. https://core.ac.uk/download/pdf/297204261.pdf.

Downloads

Published

2022-07-10

How to Cite

Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304

Issue

Section

Articles