Supervisi Kepala Sekolah: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.48774Keywords:
Supervisi Akademik, Kualitas Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Kualitas pembelajaran yang rendah disebabkan karena guru kurang mengembangkan kemampuan profesionalnya. Kemampuan professional guru menjadi tanggungjawab kepala sekolah dalam melakukan supervise pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap peningkatan kualitas pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru bagian kurikulum, tim supervisi yang berjumlah 5 orang, guru mata pelajaran IPS dan PPKn sejumlah 5 orang serta peserta didik kelas VIII yang berjumlah 179 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik oleh kepala sekolah berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. Supervisi akademik telah dilakukan mulai perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan tindaklanjut sesuai dengan buku pedoman supervisi dan penilaian kinerja guru. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah berdampak pada peningkatan kemampuan professional guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi professional guru dan peningkatan kualitas pembelajaran yang ada di kelas sehingga mutu pendidikan semakin baik.
References
Agustamam, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pendagogik Guru Melalui Supervisi Akademik Pada MAN 2 Kota Padang Panjang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), 248–253. https://doi.org/10.31933/rrj.v5i1.595.
Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49–59. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Ayubi, U. Y., Syahmuntaqy, M. T., & Prayoga, A. (2020). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik. MANAZHIM, 2(2), 118–130. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.706. DOI: https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.706
Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275
Ballu, S. S., Manu, L., & Meha, A. M. (2021). Analisis Peran Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kepada Guru IPA DI SMP Negeri 20 Kupang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.161
Candra, A., Sabandi, A., Syahril, S., & Zikri, A. (2020). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan insentif terhadap motivasi berprestasi guru. Jurnal Basicedu, 4(3), 690–695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.379. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.379
Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101–115. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147
Efendi, J., & Murniati, A. R. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMA Negeri 1 Blang Pidie. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 6(1), 176–184. https://doi.org/10.22373/jm.v6i1.904.
Faizatun, F., & Mufid, F. (2020). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi Multi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pati). QUALITY, 8(2), 241–268. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.8097. DOI: https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.8097
Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah, supervisi akademik, dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Educational Management, 6(1), 26–33.
Harun, C. Z., & Usman, N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2). DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337
Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75–85. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020. DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020
Iskandar, A. (2020). Manajemen Supervisi Akadeemik Kepala Madrasah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 69–82. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5976. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5976
Jati, D. H. P. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMA Kristen Satya Wacan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2331–2337. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2415. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2415
Kusdaryani, W., Purnamasari, I., & Damayani, A. T. (2016). Penguatan Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8383. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8383
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276
Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106–114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158
Marhawati, B. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 71–76. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p071. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p071
Metriza, T. I. I. (2017). Supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan profesional mengajar guru (studi kasus pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota). Menara Ilmu, 11(77).
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Najmiah, S. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443. DOI: https://doi.org/10.31851/sj.v3i2.5327
Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613
Nurohiman, N. N. (2016). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 10(6).
Nursidah, N., Yunus, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 38–44. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38-44. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p38-44
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Safitri, A., & Mujiati, M. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2215. DOI: https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2215
Saidah, S. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Dalam Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 373–382. https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.15652. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.15652
Saputra, Y. M. (2012). Supervisi pembelajaran untuk meningkatkan kinerja guru pendidikan jasmani. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5). https://doi.org/10.17977/jip.v17i5.2871.
Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461
Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.
Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a2.2018. DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a2.2018
Suwartini, erni agustina. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8294. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8294
Syam, A. S. M. (2021). Supervisi Akademik Kepala TK Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 163–174. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v11i2.2148.
Syiriadi, Wahyudi, & Suib, H. M. (2016). Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10). https://doi.org/10.26418/jppk.v5i10.16907.
Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2231–2235. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127.
Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 102–118. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.512. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.512
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Wandi, A. (2018). Analisis Peran Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru; Studi Tindakan Sekolah di SMPN 2 Situjuah Limo Nagari. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 71–77. https://doi.org/10.29210/02018195. DOI: https://doi.org/10.29210/02018195
Winingsih, L. H., Agung, I., & Sulistiono, A. A. (2019). The influence of government policy, principle leadership, and participation of parents on strengthening teacher organizations (KKG/MGMP) and development of problem solving in students: Indonesia case. International Journal of Education and Practice, 7(4), 479–493. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.74.479.493. DOI: https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.74.479.493
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nani Mediatati, Dionisius Heckie Puspoko Jati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)