Bahan Ajar Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Karakter pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50307Keywords:
Bahan Ajar, Karakter Pembelajaran SejarahAbstract
Mulai menurunnya karakter peserta didik yang berdampak terhadap hasil belajar menuntut pendidik menciptakan pembelajaran berkualitas. Menciptakan pembelajaran yang berkualitas dibutuhkan sebuah bahan ajar yang sesaui dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas bahan ajar model pembelajaran sejarah berbasis karakter pada siswa. Jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE namun pada penelitian ini hanya melakukan uji efektivitas. Subjek penelitian adalah siswa dengan jumlah 68 dibagi menjadi dua kelas 34 kelas kontrol dan 34 kelas eksperiment. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan Gain-skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar model pembelajaran sejarah berbasis karakter efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperiment lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat direkomendasikan penggunaan bahan ajar sebagai salah satu sumber belajar pembelajaran sejarah.
References
Abustan, Khaeruddin, S, A., & Ernawati, K. (2019). Pengaruh Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar. Jurnal Ofteaching and Learning Research, 1(2), 2. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.945.
Alabaş, R. (2018). Study on the First Appearance of Social Studies in the Elementary School Program in Turkey. International Education Studies, 11(11), 95. https://doi.org/10.5539/ies.v11n11p95. DOI: https://doi.org/10.5539/ies.v11n11p95
Anugraheni, I., Kristin, F., & Airlanda, G. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berasis Olah Pikir Di Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1623. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1623
Arif, R. M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.385. DOI: https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.385
Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa KElas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160.
Cahyono, B., Tsani, D. F., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter pada Materi Trigonometri. Jurnal Phenomenon, 08(2), 185–199. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929
Chen, D., Putri, N. D., Meliza, W., Astuti, Y., Wicaksono, L. Y., & Putri, W. A. (2020). Identifikasi Minat Siswa SMA Kelas X Terhadap Mata Pelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 36–39. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.36-39. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.36-39
Cloonan, M., & Fingeret, A. L. (2020). Developing teaching materials for learners in surgery. Surgery (United States), 167(4), 689–692. https://doi.org/10.1016/j.surg.2019.05.056. DOI: https://doi.org/10.1016/j.surg.2019.05.056
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Kamila, J. T., Putri, S. B., & Haliza, V. N. (2021). Penanaman Karakter Smart Young And Good Citizen untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5234–5240. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1614. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1614
Fitriani, R., Putri, W. A., Rini, E. F. S., Sehab, N. H., & Pratiwi, M. R. (2021). Pengaruh Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA di SMAN 1 Kota Jambi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 213–220. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7750. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7750
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hest, Y. A. L., Riyadi, Kamsiyati, S., & Purnamasari, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal Keanekaragaman Motif Batik Ngawi sebagai Sumber Belajar di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.721. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.721
Hidayah, D. N., & Priscylio, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mandiri Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Menggunakan Software Camtasia. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 50–64. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4093. DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4093
Indrapangastuti, D. (2014). Multicultural Education Practice And Problematic In Vocational High School. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2614
Kuning, D. S. (2018). Character Education for Indonesia in Globalization Era. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 118–126. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83. DOI: https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83
Kurdi, M. S. (2018). Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4, 125–138. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243
Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924
Malalina, M., & Kesumawati, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1861.55-70. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1861.55-70
Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2019). The Effect of Guided Inquiry Learning and Cognitive Style on Science Learning Achievement. International Journal of Instruction, 12(1), 737–750. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12147a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12147a
Martha, N. U., & Andini, N. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. JINOP, 5(2), 185–197. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Nagovitsyn, R. S., Bartosh, D. K., Ratsimor, A. Y., & Maksimov, Y. G. (2018). Formation of social tolerance among future teachers. European Journal of Contemporary Education, 7(4), 754–763. https://doi.org/10.13187/ejced.2018.4.754. DOI: https://doi.org/10.13187/ejced.2018.4.754
Nisa, H. U., & Supriyanto, T. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 192–200. https://doi.org/10.15294/SELOKA.V5I2.13083.
Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). Penerapan Model Pbl Berbantuan E-Modul Berbasis Flipbook Dibandingkan Berbantuan Bahan Ajar Cetak Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Siswa Smk. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 130–138. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130
Pasaribu, A., & Saparini. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual untuk Meremidiasi Miskonsepsi pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 36–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v4i1.4264.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Rahmawati, N. I., Suminar, D. R., & Soedirham, O. (2019). Hubungan Personal Remaja Dengan Pelaksanaan Pendidikan Karakteroleh Orang Tua Dalamupaya Pencegahan Perilaku Seksual Pranikah Di Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 9(2), 149–157. https://doi.org/10.22435/kespro.v9i2.2028.149-157.
Rahmayani, F. (2019). Hubungan Antara Karakter Mandiri Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(2), 87–94. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.510. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.510
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964.
Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi Pq4R Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 355–371. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13
Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182
Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual Dan Ict. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 137. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674
Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 73. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320
Santoso, R., & Wuryandani, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229. https://doi.org/10.22146/jkn.56926. DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.56926
Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.
Schlein, C., Taft, R. J., & Ramsay, C. M. (2016). The Intersection of Culture and Behavior in Social Studies Classrooms. Journal of International Social Studies, 6(1), 128–142. http://www.iajiss.org/index.php/iajiss/article/view/205.
Septhin, K., Mulawarman, W. G., & Suhatmady, B. (2018). Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks Ekposisi Siswa Kelaa Xi Smk Negeri 9 Samarinda. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp89-100. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp89-100
Sitorus, M., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2020). The Effect of Character Education on Student S ’ Learning Outcomes on the Theme of “ Indahnya Kebersamaan .” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 828–835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8033. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i6.8033
Smith, W. L., & Crowley, R. M. (2018). Social Studies Needs (New) White People: The Case for Including Allies in the Curriculum. The Social Studies, 109(4), 202–214. https://doi.org/10.1080/00377996.2018.1515720. DOI: https://doi.org/10.1080/00377996.2018.1515720
Sunarya, R. A., Supartono, & Sumarti, S. S. (2018). Analisis Hasil Belajar Dan Minat Wirausaha Siswa Menggunakan Bahan Ajar Berorientasi Chemoentrepreneurship. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13298.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48.
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192
Tinja, Y., Towaf, S. M., & Hariyono. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1257–1261. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9990.
Verawati, Mardhatillah, Pramuniati, I., & Evianti, E. (2019). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Genta Mulia, X(1), 38–53. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/245.
Weriyanti, W., Firman, F., Taufina, T., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 476–483. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374
Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem Dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sma Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 50–58. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.32287.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Burhanuddin Nasution, Insan Fahmi Siregar, Nursiah Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)