Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52501Keywords:
Covid-19, Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran DaringAbstract
Virus corona atau Covid -19 merupakan suatu virus yang baru yang muncul pada tahun 2019. Datangnya covid -19 menjadi tantangan bagi suatu lembaga pendidikan yang dimana suatu pembelajaran dilakukan secara konvensional ketika datang covid-19 ini menjadi suatu adaptasi yang baru bagi pendidik, peserta didik, begitupun orang tua peserta didik. Hadirnya covid-19 ini menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring inilah yang menjadi alternatif untuk memecahkan permasalahan yang muncul pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran selama covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar semester 2, dengan jumlah sampel 47 Mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dengan cara mengirim google form yang harus diisi oleh mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa mahasiswa terbiasa menggunakan teknologi pembelajaran; kemudahan akses dimana saja dan kapan saja ketika proses pembelajaran asalkan jaringan bagus; aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring; hambatan mahasiswa ketika pelaksanaan pembelajaran daring; dampak negatif pembelajaran daring; dan harapan mahasiswa terhadap pembelajaran daring.
References
Abdul Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–38. https://jbasic.org/index.php/basicedu/oai?metadataPrefix=oai_dc&from=2020-11-19&verb=ListRecords. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971
Ahmed, R. R., Streimikiene, D., Rolle, J., & Pham, D. A. (2020). The Covid-19 Pandemic And The Antecedants For The Impulse Buying Behavior Of Us Citizens The Covid-19 Pandemic And The Antecedants For The Impulse Buying Behavior Of Us Citizens. Journal of Competitiveness, October, 4–27. https://doi.org/10.7441/joc.2020.03.01. DOI: https://doi.org/10.7441/joc.2020.03.01
Aisa Aufia, L. L. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid. Journal of Education and Management Studies, 3(4). http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/308.
Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Basicedu, 2(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094
Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua : Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.
Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 : Hambatan , tingkat kesetujuan , materi , beban tugas , kehadiran , dan pengelasan dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150–161. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296
Cheruman, U. A. (2020). Ruang Belajar Baru dan Implikasi Terhadap Pembelajaran di Era Tatanan Baru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(01), 142–153. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153
Chung, E., Subramaniam, G., & Dass, L. C. (2020). Online learning readiness among university students in Malaysia amidst Covid-19. Asian Journal of University Education, 16(2). https://doi.org/10.24191/AJUE.V16I2.10294. DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v16i2.10294
Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online (Studi Eksploratif Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura). Jurnal Akuntansi, 6(1), 23–38. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jak/article/view/2709.
Fathoni, A., Mustadi, A., Kurniawati, W., & Artikel, R. (2021). Persepsi Mahasiswa Pgsd pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Kwangsan, 9(1), 347038. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V9N1.P107--123. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p107--123
Gunawan, Y. I. P. & A. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Madaniyah, 11(1), 686–697. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/195.
Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemik Covid - 19. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.106
Hasrul, M. (2020). Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). LEGISLATIF: Lembaga Gagasan Mahasiswa Yang Solutif Dan Inovatif, 3(2), 385–398. https://doi.org/10.20956/jl.v3i2.10477.
Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Irawaty, E., Widjaja, E. M., & Sanjaya, J. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Prosiding SENAPENMAS, 985. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131. DOI: https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131
Levani, Y., Prastya, A. D., Mawaddatunnadila, S., Wuhan, K., & Huebei, P. (2019). Coronavirus Disease 2019 ( COVID-19 ): Patogenesis , Manifestasi Klinis dan Pilihan Terapi. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17(1), 44–57. https://doi.org/10.24853/jkk.17.1.44-57. DOI: https://doi.org/10.26714/magnamed.6.1.2019.31-37
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443
Munawar, H, Z., Suharya, Y., & Putri, N, I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknlogi Informasi Komunikasi, 8(2), 160–175. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689.
Mustofa, Mokhamad Iklil, Muhammad Chodzrin, L. S. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of Information, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Napitupulu, C. A., Ananda, K., Praticia, R., & Rahmadini, V. W. (2021). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Daring (Online Collaborative Learning) dalam Rangka Pembentukan Dukungan Sosial Mahasiswa PG PAUD Universitas Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 17(1), 55–66. https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2239.
Ndasung, D. J. (2021). Pendidikan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(2), 3014–3018. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1334.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Putria Hilna, Luthfi Hamdani Maula, D. A. U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Geography Science Education Explored Journal, 1, 21–30. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921.
Rusdiana, E. & A. N. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Journal Unnes, 31(1), 1–12. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Salsabila, unik hanfa, irwan ghazali, nisrina khoirunnisa. (2020). Strategi Alternatif Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Eduscience, 7(2), 78–88. https://doi.org/10.36987/jes.v7i2.1920. DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v7i2.1920
Salsabila, S., Syarif, V. A., Rahmah, Z. M., & Nagari, P. M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Mental Healthy Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akutansi Dan Keuangan, 9(2), 201–208. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPAK/article/view/35667. DOI: https://doi.org/10.17509/jpak.v9i2.35667
Saragih, O., Ari, F., Sebayang, A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (n.d.). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Journal.Uinsi.Ac.Id, 7(3), 2020178. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067. DOI: https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Setyorini, I. (2020). Pandemi covid-19 dan online learning: Apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 95–102. https://doi.org/10.7777/JIEMAR.V1I1.31.
Suhery, T. J. P. & J. (2020). Sosialisai Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 1–4. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34. https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/7072. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tofiqurrohman, H. (2019). Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Hanif. Kependidikan, 7(2), 179–191. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3080. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3080
Umam, K., & Maulidah, L. (2021). Problematika dan Efek Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 202–217. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i2.488.
Umrati, H. W. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wahyono, P., & Husamah, H. (2020). Jurnal pendidikan profesi guru. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.
Wijoyo, H. (2020). Analisis Minat Belajar Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau Dimasa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(3), 396–404. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.2. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.234
Zhafira, N., Ertika, Y., Kajian, C. C.-J. B. D., & 2020, U. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal.Utu.Ac.Id, 4(2), 110–120. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981. DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Meyyana Andriani, Rahayu Condro Murti, Ali Mustadi, Hanum Hanifa Sukma, Nur Septia Isma Gunarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)