Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Meyyana Andriyani Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Rahayu Condro Murti Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Ali Mustadi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Hanum Hanifa Sukma Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Septia Isma Gunarti Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52501

Keywords:

Covid-19, Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Abstract

Virus corona atau Covid -19 merupakan suatu virus yang baru yang muncul pada tahun 2019. Datangnya covid -19 menjadi tantangan bagi suatu lembaga pendidikan yang dimana suatu pembelajaran dilakukan secara konvensional ketika datang covid-19 ini menjadi suatu adaptasi yang baru bagi pendidik, peserta didik, begitupun orang tua peserta didik. Hadirnya covid-19 ini menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring inilah yang menjadi alternatif untuk memecahkan permasalahan yang muncul pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran selama covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar semester 2, dengan jumlah sampel 47 Mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dengan cara mengirim google form yang harus diisi oleh mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa mahasiswa terbiasa menggunakan teknologi pembelajaran; kemudahan akses dimana saja dan kapan saja ketika proses pembelajaran asalkan jaringan bagus; aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring; hambatan mahasiswa ketika pelaksanaan pembelajaran daring; dampak negatif pembelajaran daring; dan harapan mahasiswa terhadap pembelajaran daring.

References

Abdul Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–38. https://jbasic.org/index.php/basicedu/oai?metadataPrefix=oai_dc&from=2020-11-19&verb=ListRecords. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971

Ahmed, R. R., Streimikiene, D., Rolle, J., & Pham, D. A. (2020). The Covid-19 Pandemic And The Antecedants For The Impulse Buying Behavior Of Us Citizens The Covid-19 Pandemic And The Antecedants For The Impulse Buying Behavior Of Us Citizens. Journal of Competitiveness, October, 4–27. https://doi.org/10.7441/joc.2020.03.01. DOI: https://doi.org/10.7441/joc.2020.03.01

Aisa Aufia, L. L. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid. Journal of Education and Management Studies, 3(4). http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/308.

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Basicedu, 2(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua : Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.

Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 : Hambatan , tingkat kesetujuan , materi , beban tugas , kehadiran , dan pengelasan dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150–161. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296

Cheruman, U. A. (2020). Ruang Belajar Baru dan Implikasi Terhadap Pembelajaran di Era Tatanan Baru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(01), 142–153. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153

Chung, E., Subramaniam, G., & Dass, L. C. (2020). Online learning readiness among university students in Malaysia amidst Covid-19. Asian Journal of University Education, 16(2). https://doi.org/10.24191/AJUE.V16I2.10294. DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v16i2.10294

Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online (Studi Eksploratif Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura). Jurnal Akuntansi, 6(1), 23–38. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jak/article/view/2709.

Fathoni, A., Mustadi, A., Kurniawati, W., & Artikel, R. (2021). Persepsi Mahasiswa Pgsd pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Kwangsan, 9(1), 347038. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V9N1.P107--123. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p107--123

Gunawan, Y. I. P. & A. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Madaniyah, 11(1), 686–697. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/195.

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemik Covid - 19. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.106

Hasrul, M. (2020). Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). LEGISLATIF: Lembaga Gagasan Mahasiswa Yang Solutif Dan Inovatif, 3(2), 385–398. https://doi.org/10.20956/jl.v3i2.10477.

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Irawaty, E., Widjaja, E. M., & Sanjaya, J. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Prosiding SENAPENMAS, 985. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131. DOI: https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15131

Levani, Y., Prastya, A. D., Mawaddatunnadila, S., Wuhan, K., & Huebei, P. (2019). Coronavirus Disease 2019 ( COVID-19 ): Patogenesis , Manifestasi Klinis dan Pilihan Terapi. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17(1), 44–57. https://doi.org/10.24853/jkk.17.1.44-57. DOI: https://doi.org/10.26714/magnamed.6.1.2019.31-37

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Munawar, H, Z., Suharya, Y., & Putri, N, I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknlogi Informasi Komunikasi, 8(2), 160–175. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689.

Mustofa, Mokhamad Iklil, Muhammad Chodzrin, L. S. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of Information, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Napitupulu, C. A., Ananda, K., Praticia, R., & Rahmadini, V. W. (2021). Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Daring (Online Collaborative Learning) dalam Rangka Pembentukan Dukungan Sosial Mahasiswa PG PAUD Universitas Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 17(1), 55–66. https://doi.org/10.36873/jph.v16i2.2239.

Ndasung, D. J. (2021). Pendidikan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(2), 3014–3018. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1334.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Putria Hilna, Luthfi Hamdani Maula, D. A. U. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Geography Science Education Explored Journal, 1, 21–30. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921.

Rusdiana, E. & A. N. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Journal Unnes, 31(1), 1–12. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Salsabila, unik hanfa, irwan ghazali, nisrina khoirunnisa. (2020). Strategi Alternatif Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Eduscience, 7(2), 78–88. https://doi.org/10.36987/jes.v7i2.1920. DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v7i2.1920

Salsabila, S., Syarif, V. A., Rahmah, Z. M., & Nagari, P. M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Mental Healthy Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akutansi Dan Keuangan, 9(2), 201–208. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPAK/article/view/35667. DOI: https://doi.org/10.17509/jpak.v9i2.35667

Saragih, O., Ari, F., Sebayang, A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (n.d.). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Journal.Uinsi.Ac.Id, 7(3), 2020178. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067. DOI: https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Setyorini, I. (2020). Pandemi covid-19 dan online learning: Apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 95–102. https://doi.org/10.7777/JIEMAR.V1I1.31.

Suhery, T. J. P. & J. (2020). Sosialisai Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 1–4. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34. https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/7072. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tofiqurrohman, H. (2019). Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Hanif. Kependidikan, 7(2), 179–191. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3080. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3080

Umam, K., & Maulidah, L. (2021). Problematika dan Efek Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 202–217. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i2.488.

Umrati, H. W. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wahyono, P., & Husamah, H. (2020). Jurnal pendidikan profesi guru. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Wijoyo, H. (2020). Analisis Minat Belajar Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau Dimasa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(3), 396–404. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.2. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.234

Zhafira, N., Ertika, Y., Kajian, C. C.-J. B. D., & 2020, U. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal.Utu.Ac.Id, 4(2), 110–120. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981. DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Meyyana Andriyani, Murti, R. C. ., Mustadi, A. ., Sukma, H. H. ., & Gunarti, N. S. I. . (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 358–365. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52501

Issue

Section

Articles