Metode Decision Tree untuk Meningkatkan Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Algoritma C4.5

Authors

  • Muhammad Solehuddin Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Wahyul Amien Syafei Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  • Rahmat Gernowo Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52840

Keywords:

Decision Tree, Klasifikasi, RPP, Algoritma C4.5

Abstract

Aktivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya adalah aspek perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Guru sering menemui kesulitan dalam penyusunan RPP karena mayoritas pendidik belum memahami perumusan parameter dan tujuan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode decision tree untuk meningkatkan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran dengan algoritma C4.5. Metode pada studi ini memakai decision tree algortitma C4.5 dalam melaksanakan klasifikasi data kedalam kelas yang sudah tersedia. Metode ini digunakan karena keunggulannya dalam hal kecepatan dan klasifikasi sederhana sehingga mudah untuk diinterprestasikan oleh manusia. Jenis Pengumpulan data dengan wawancara, studi pustaka, dan studi lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari total data sebanyak 927 berbentuk csv dan data training yang yang dicoba diinputkan kedalam  sistem sebanyak 30 menghasilkan tingkat akurasi 90%. Studi ini harapannya bisa berguna bagi pendidik sebagai rujukan didalam penyusunan RPP yang baik dan benar untuk kedepannya. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran.

References

Azwanti, N. (2018). Algoritma C4. 5 Untuk Memprediksi Mahasiswa Yang Mengulang Mata Kuliah (Studi Kasus Di Amik Labuhan Batu). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1627. DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1627

Hijriana, N., & Rasyidan, M. (2017). Penerapan Metode Decision Tree Algoritma C4.5 Untuk Seleksi Calon Penerima Beasiswa Tingkat Universitas. AL-ULUM: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 9–13. https://doi.org/10.31602/ajst.v3i1.983.

Ikhbal, M., & Irfan, D. (2021). Menentukan Penjurusan Siswa dengan Menggunakan Metode Decision Tree Algoritma C4.5. Jurnal Vokasi Informatika, 1(3). https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.40. DOI: https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.40

Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan Di SDN 4 Sumberrejo Kab. Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 – 194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2021). Exploring the computational thinking of our pre-service mathematics teachers in prepare of lesson plan. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012101. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012101. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012101

Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194

Meika, D. S., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli terhadap Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata. Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617

Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741

Pratiwi, T. W., & Arifin, T. (2021). Optimasi Decision Tree Menggunakan Particle Swarm Optimization untuk Klasifikasi Kesuburan pada Pria. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 13 – 25. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i1.967. DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i1.967

Putri, R. P. S., & Waspada, I. (2018). Penerapan Algoritma C4. 5 pada Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa Prodi Informatika. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5975. DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5975

Rachmadi, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Pelatihan Di SMA N 1 Karangrayu. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 1–14. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/9464.

Septrisia, R., Monia, F. A. M. A., & Hanafi, I. (2020). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Ddjalaluddin. MATAAZIR: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 106–116. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/232.

Servitri, M. O., & Trisnawaty, W. (2018). The Development of Inquiry Science Worksheet to Facilitate the Process Skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 575–580. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8937. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8937

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35

Simanjuntak, K. F. L., Barus, A. C. B., & Anita, A. (2021). Implementasi Metode Decision Tree Dan Algoritma C4. 5 Untuk Klasifikasi Kepribadian Masyarakat. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 5(1), 51–59. https://doi.org/10.35145/joisie.v5i1.1334.

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–218. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9081.

Suplemen, P., Ajar, B., Berbasis, B., & Identifikasi, R. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155–161. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713.

Sutoyo, I. (2018). Implementasi Algoritma Decision Tree Untuk Klasifikasi Data Peserta Didik. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 217–224. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i2.70. DOI: https://doi.org/10.33480/pilar.v14i2.926

Tundo, T., & ’Uyun, S. (2021). Perbandingan Decision Tree J48, REPTREE, dan Random Tree dalam Menentukan Prediksi Produksi Minyak Kelapa Sawit Menggunakan Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Teknologi Informasi Dan IImu Komputer, 8(3), 473 – 484. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021833108. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2021833108

Wahyuni, S. (2018). Implementation of Data Mining to Analyze Drug Cases Using C4. 5 Decision Tree. In Journal of Physics: Conference Series, 970(1), 012030. https://doi.org/10.1088/1742-6596/970/1/012030. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/970/1/012030

Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501

Widiastuti, A., Rahelly, Y., & Sayfdaningsih, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bentuk-Bentuk Geometri Berbasis Cerita Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mazharul Iman Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 176–189. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24461

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Solehuddin, M. ., Syafei, W. A. ., & Gernowo, R. . (2022). Metode Decision Tree untuk Meningkatkan Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Algoritma C4.5. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 510–519. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52840

Issue

Section

Articles