Metode Decision Tree untuk Meningkatkan Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Algoritma C4.5
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52840Keywords:
Decision Tree, Klasifikasi, RPP, Algoritma C4.5Abstract
Aktivitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya adalah aspek perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Guru sering menemui kesulitan dalam penyusunan RPP karena mayoritas pendidik belum memahami perumusan parameter dan tujuan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode decision tree untuk meningkatkan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran dengan algoritma C4.5. Metode pada studi ini memakai decision tree algortitma C4.5 dalam melaksanakan klasifikasi data kedalam kelas yang sudah tersedia. Metode ini digunakan karena keunggulannya dalam hal kecepatan dan klasifikasi sederhana sehingga mudah untuk diinterprestasikan oleh manusia. Jenis Pengumpulan data dengan wawancara, studi pustaka, dan studi lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari total data sebanyak 927 berbentuk csv dan data training yang yang dicoba diinputkan kedalam sistem sebanyak 30 menghasilkan tingkat akurasi 90%. Studi ini harapannya bisa berguna bagi pendidik sebagai rujukan didalam penyusunan RPP yang baik dan benar untuk kedepannya. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran.
References
Azwanti, N. (2018). Algoritma C4. 5 Untuk Memprediksi Mahasiswa Yang Mengulang Mata Kuliah (Studi Kasus Di Amik Labuhan Batu). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1627. DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1627
Hijriana, N., & Rasyidan, M. (2017). Penerapan Metode Decision Tree Algoritma C4.5 Untuk Seleksi Calon Penerima Beasiswa Tingkat Universitas. AL-ULUM: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 9–13. https://doi.org/10.31602/ajst.v3i1.983.
Ikhbal, M., & Irfan, D. (2021). Menentukan Penjurusan Siswa dengan Menggunakan Metode Decision Tree Algoritma C4.5. Jurnal Vokasi Informatika, 1(3). https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.40. DOI: https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.40
Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan Di SDN 4 Sumberrejo Kab. Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 – 194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2021). Exploring the computational thinking of our pre-service mathematics teachers in prepare of lesson plan. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012101. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012101. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012101
Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 265–270. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13194
Meika, D. S., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli terhadap Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata. Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Pratiwi, T. W., & Arifin, T. (2021). Optimasi Decision Tree Menggunakan Particle Swarm Optimization untuk Klasifikasi Kesuburan pada Pria. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 13 – 25. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i1.967. DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i1.967
Putri, R. P. S., & Waspada, I. (2018). Penerapan Algoritma C4. 5 pada Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa Prodi Informatika. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5975. DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5975
Rachmadi, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Pelatihan Di SMA N 1 Karangrayu. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 1–14. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/9464.
Septrisia, R., Monia, F. A. M. A., & Hanafi, I. (2020). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Ddjalaluddin. MATAAZIR: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 106–116. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/232.
Servitri, M. O., & Trisnawaty, W. (2018). The Development of Inquiry Science Worksheet to Facilitate the Process Skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 575–580. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8937. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8937
Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35
Simanjuntak, K. F. L., Barus, A. C. B., & Anita, A. (2021). Implementasi Metode Decision Tree Dan Algoritma C4. 5 Untuk Klasifikasi Kepribadian Masyarakat. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 5(1), 51–59. https://doi.org/10.35145/joisie.v5i1.1334.
Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–218. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9081.
Suplemen, P., Ajar, B., Berbasis, B., & Identifikasi, R. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155–161. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713.
Sutoyo, I. (2018). Implementasi Algoritma Decision Tree Untuk Klasifikasi Data Peserta Didik. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 217–224. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i2.70. DOI: https://doi.org/10.33480/pilar.v14i2.926
Tundo, T., & ’Uyun, S. (2021). Perbandingan Decision Tree J48, REPTREE, dan Random Tree dalam Menentukan Prediksi Produksi Minyak Kelapa Sawit Menggunakan Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Teknologi Informasi Dan IImu Komputer, 8(3), 473 – 484. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021833108. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2021833108
Wahyuni, S. (2018). Implementation of Data Mining to Analyze Drug Cases Using C4. 5 Decision Tree. In Journal of Physics: Conference Series, 970(1), 012030. https://doi.org/10.1088/1742-6596/970/1/012030. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/970/1/012030
Watipah, Y. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501. DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501
Widiastuti, A., Rahelly, Y., & Sayfdaningsih, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bentuk-Bentuk Geometri Berbasis Cerita Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mazharul Iman Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 176–189. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24461
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Solehuddin, Wahyul Amien Syafei, Rahmat Gernowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)