Media Charta Berbasis Android Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.54038Keywords:
e-charta, hasil belajar, kemampuan membacaAbstract
Masih rendahnya kemampuan membaca siswa yang berdampak terhadap hasil belajar siswa menjadi alasan mengapa penelitian yang bertujuan untuk menganalisis penerpan media pembelajaran charta berbasis android untuk meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa dilakukan. Rancangan penelitian ini adalah quasi-eksperimental design berupa nonequivalent post-test only control group design.terdiri dari 16 peserta didik kelas eksperimen dan 15 peserta didik kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan observasi. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu manova dengan perolehan hasil 0,00 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut, pembelajaran e-charta berpengaruh terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar baik secara simultan maupuan secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis e-charta berpengaruh terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar peserta didik baik secara bersama-sama maupuan secara parsial. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hasil belajar adalah komponen yang paling dipengaruhi dengan adanya pembelajan dengan media e-charta. Hal ini dilihat dari nilai mean masing-masing variabel, sehingga bisa direkomendasikan media e-charta sebagai solusi untuk meningkatakan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa.
References
Abustan, Khaeruddin, S, A., & Ernawati, K. (2019). Pengaruh Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar. Jurnal Ofteaching and Learning Research, 1(2), 2. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.945.
Aloahyt, Z., Taher, D. M., & Mas’ud, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terintegrasi Saintifik Berbantuan Media Charta Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Halmahera Selatan. Jurnal Bioedukasi, 5(2). https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5353. DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i1.4385
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
Andanik, R. T., & Fitrianawati, M. (2019). Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 40. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836
Anita, D. S., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 81–89. https://doi.org/10.17977/jps.v3i2.7656.
Budi, S. P., Suprapti, Danang, & Febryantahanuji. (2019). Media Pembelajaran E-Learning Dengan Metode Parsing Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Sekolah Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Sistem Komputer, 14(2), 105–115. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644. DOI: https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644
Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 87–100. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7937. DOI: https://doi.org/10.24036/02017117937-0-00
Dewi, D. M. (2021). Kemampuan Kognitif Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia Melalui Media Charta Kelas Viii Smp Negeri 1 Cikupa Kabupaten Tangerang. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 218–223. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.766. DOI: https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.766
Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350
Dewi, T. M., Mirnawati, & Dirneti. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar dan Metode Konvesional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa pada Kelas II di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 19–29.
Fadiana, M., & Citra, D. R. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940
Hendra, K., Wijaya, Y., Studi, P., Pendidikan, T., & Ganesha, U. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Edutech Undiksha, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Hermansyah, agus K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 104–115. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468. DOI: https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468
Juniati, Kartini, & Maimunah. (2021). Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dan Segitiga Berbasis Model PBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP / MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1359–1373. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.545.
Karyati, Z. (2021). Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Jurnal Educatio, 7(3)(3), 1135-1142. DOI: 10.31949/educatio.v7i3.1370. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1370.
Ketong, S., Burhanuddin, B., & Asri, W. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5629. DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5629
Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.992.
Lisnawati, & Muthmainah, M. (2018). Efektivitas Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) Di Sdn Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1468. DOI: https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1468
Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar. Akademika, 10(01), 13–24. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322
Mahartika, A. S., & Dewantoro, D. A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan dengan Menggunakan Metode Reading Aloud. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 123–126. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p123. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p123
Marinan, M. (2019). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(02), 178. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5293. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i02.5293
Miftakhul, N., Aprilda, M., & Kusmana, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434–442. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097
Muriani, Y., MS, Z., & Suseno, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.469. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.469
Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.
Nurfauziah, I., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 388–397. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5358
Putri, G. V. H., AM, M. S., & Asim. (2018). Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Tunagrahita Sedang No Nama Jumlah Rata-rata Nilai Pretest Posttest. Jurnal Ortopedagogia, 4(1), 48–52. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p048. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p048
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686
Rihamy, S., Zainuddin, & Mastuang, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengajaran Langsung Dengan Media Pembelajaran Charta. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1). https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1011. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1011
Ritno, Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 115–129. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.67. DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.67
Rivai, A. T. O. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Menggunakan Media Macromedia Flash Dengan Charta. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(2), 153–161. https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11778.
Rogers, J., & Revesz, A. (2019). Experimental and Quasi-Experimental. ResearchGate, July, 133–143. DOI: https://doi.org/10.4324/9780367824471-12
Rosyida, F. (2018). Pengaruh Kemampuan Membaca Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 23. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.107. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.107
Senduk, M. S. F., Silalahi, A., & Makmuri. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Charta Dan Media Spesimen Terhadap Hasil Belajar Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Siswa Kelas Vi Mi Nurul Karim Bangsring Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2015- 2016. Journal of Education Technology and Innovation, 1(1), 48–57.
Suanah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 243. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2412. DOI: https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2412
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-sifat Cahaya Di Kelas V A Semester II Bagi Siswa SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764. DOI: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764
Suryana, D., & Yuanita, S. K. S. (2022). Efektifitas Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2874–2885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2197. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2197
Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74–78. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78
Wahyuningsih, E. (2021a). Penggunaan Beberan Charta Untk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.289.
Wahyuningsih, E. (2021b). Penggunaan Beberan Charta Untk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.289. DOI: https://doi.org/10.51878/action.v1i1.289
Wulandari, P., W.H, E. H., & Nurwahyunani, A. (2018). Efektifitas Pembelajaran Transpor Membran Bermuatan Etnosains Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Berwirausaha Pada Siswa Sma. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(1), 53–64. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i1.2537. DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v7i1.2537
Yanti, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Media Charta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pai Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.296. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.8095
Yanti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115. https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652. DOI: https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Trinovianto George Reinhard Hallatu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)