Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Yekti Ardianti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Nur Amalia Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Keywords:

Teacher Perceptions, Elementary School, Independent Curriculum, Project for Strengthening Pancasila Student Profiles

Abstract

Kurikulum memiliki peranan penting berbentuk perangkat pembelajaran yang berisi tentang perencanaan kegiatan pembelajaran dalam bentuk suatu proses pemerolehan pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan melalui rangkaian kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum merdeka lebih lanjut dengan memfokuskan perencanaan implementasi kurikuum merdeka dan perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka di jenjang sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Desain kualitatif diimplementasikan dan dilakukan pada kepala sekolah dan guru kelas 1 dan guru kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interactive  model yang mana unsur-unsurnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan kurikulum merdeka membutuhkan kesiapan kepala sekolah dan guru untuk mempelajari hal baru. Pada proses perencanaan, guru masih mengandalkan modul ajar yang disediakan oleh pusat. Terdapat hal baru yang harus diperhatikan di dalam kurikulum merdeka dengan adanya project penguatan profil pelajar Pancasila. Implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran abad ke 21 dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di sekolah.

References

Ansori. (2015). Pengertian Subjek dan Objek Penelitian. Jurnal Sistem Informasi, 3(April), 49–58.

Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148. DOI: https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.123-148

Barlian, ujang cepi, Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Language Research, 1(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026. DOI: https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225.

Duwika, K., & Janardana, M. A. (2021). Multimedia Interaktif Model Neurosains dengan Transformasi Mode Daring dan Luring di Era New Normal. Mimbar Ilmu, 26(3), 506–515. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41246. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41246

Fajrin, A. L., & Sugito, S. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi, 6(6), 6890 – 6898. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2043. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2043

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

I Kadek Mustika. (2022). Optimalisasi Tes Diagnostik Berbasis It Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 12(2), 13–22. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i2.1674. DOI: https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i2.1674

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Insani, F. D. (2019). sejarah perkembangan kurikulum di indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132. DOI: https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip.

Jasmi, K. A. (2012). Metodologi Pengumpulan Data dalam Penyelidikan Kualitatitif. Kursus Penyelidikan Kualitatif Siri 1 2012, January 2012.

Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489

Kemendikbud, pusat penialaian pendidikat balitbang. (2018). pendidikan di indonesia belajar dari hasil PISA 2018. 021.

Kemendikbudristek. (2020). Buku Saku: Merdeka Belajar Prinsip dan implementasi pada Jenjang Pendidikan SMA.

Laila, I., Marliansyah, I. S., & Wardarita, R. (2022). KURIKULUM PROTOTIPE PENDIDIKAN PARADIGMA MASA DEPAN. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(2), 28. https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6157. DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6157

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442

Qomariah. (2014). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. IKIP Veteran Semarang, 2(1), 21–34.

Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743

Rachmawati, A., & Lestariningrum, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Asesmen Diagnostik Dalam Menguatkan Literasi Anak Kelas 1 di SDN Banjaran 5. Prosiding SEMDIKJAR, 891–898.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL Ansiru PAI, 6(1), 92–106. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rustianah. (2021). Modul ajar. Sistem Hidrolik, 4789, 1–82.

Smits, L. J., Vink‐Börger, E., van Lijnschoten, G., Focke‐Snieders, I., van der Post, R. S., Tuynman, J. B., & Nagtegaal, I. D. (2022). Diagnostic variability in the histopathological assessment of advanced colorectal adenomas and early colorectal cancer in a screening population. Histopathology, 80(5), 790–798. https://doi.org/10.1111/his.14601. DOI: https://doi.org/10.1111/his.14601

Stojanovic, S., Denton, E., Lee, J., Tay, T. R., Murthee, K. G., Mahoney, J., & Hew, M. (2022). Diagnostic and therapeutic outcomes following systematic assessment of patients with concurrent suspected vocal cord dysfunction and asthma. The Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, 10(2), 602–608. https://doi.org/10.1016/j.jaip.2021.10.038. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaip.2021.10.038

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Sumiati, E. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal. Jurnal Upi, 1–14, 61–74.

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(1), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886. DOI: https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886

Suratno, J., Sari, D. P., & Bani, A. (2022). Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 67–75. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/view/4129. DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i1.2658

Syaputra, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 208–224. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4882. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Ulama, N., & Giri, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. 1(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190

UNICEF Indonesia. (2022). Briefing Note: The impact of COVID-19 and Recovery Strategies. Unicef Indonesia, 1–12.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wicaksana, A. (2016). return on to deposit retio (LDR) terhadap variabel dependen Return On Asset (ROA). Https://Medium.Com/, 22–34.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296. DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley. Research Gate, March, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/323557072.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996. DOI: https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Issue

Section

Articles