Peranan Media Instagram terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA

Authors

  • Nurul Qhatami Musthafa Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Sakdiyah Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Abdul Azis Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.59652

Keywords:

Media Instagram, Keaktifan Belajar, Sejarah

Abstract

Proses pembelajaran sejarah siswa masih kurang aktif dan asik dengan kesibukkannya masing-masing serta tidak memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media instagram terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dengan desain penelitian one shot case study. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IPS yang berjumlah 18 siswa. Metode pegumpulan data dengan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil angket keaktifan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media instagram mendapat nilai akhir 79,36, menunjukkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah sangat antusias dengan kategori baik. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media instagram terhadap keaktifan belajar dengan persentase hubungan kedua variabel sebesar 67% dan 33% dipengaruhi oleh faktor luar seperti lingkungan. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai uji thitung > ttabel atau 5,716 > 2,120. Simpulan penelitian yaitu penerapan media instagram berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI IPS. Oleh sebab itu, media instagram efektif diterapkan dalam pembelajaran sejarah.

References

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300.

Aminullah JR, R. X., & Kristiyono, J. (2021). Internet Marketing Strategy Demandailing Café in Building a Digital Brand on Instagram. Communicare: Journal of Communication Studies, 8(2), 165–178. https://doi.org/10.37535/101008220216. DOI: https://doi.org/10.37535/101008220216

Andini, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/JMT.V2I1.44839. DOI: https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839

Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Faraniza, Z. (2021). Blended learning best practice to answers 21 st century demands . Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012122. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012122. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012122

Gómez-Ortiz, M.-J., Romero, E. D., & Bobkina, J. (2023). Instagram as a learning tool to improve technical vocabulary for sports science students. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 32, 100416. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100416. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2022.100416

Hafida, Lilih, Wilanika, Ludi, & Sapta. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Tengah Pendemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education Scince, 2(2), 82–90. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14. DOI: https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Hidayat, S., Nugraha, Y., & Firmansyah, Y. (2021a). Memanfaatkan Teknologi Media Sosial Instagram pada Kegiatan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Poster in Instagram (Postingan Terbaik). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 135–144. https://doi.org/10.36805/civics.v6i1.1342.

Hidayat, S., Nugraha, Y., & Firmansyah, Y. (2021b). Memanfaatkan Teknologi Media Sosial Instagram pada Kegiatan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Poster in Instagram (Postingan Terbaik). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 135–144. https://doi.org/10.36805/civics.v6i1.1342. DOI: https://doi.org/10.36805/civics.v6i1.1342

Islamyati, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2021). Development of Interactive Learning Multimedia in IPA Subjects for Class 6th-Grade Elementary School Students. Journal of Education Technology, 5(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/index.

Jaya, I., & Ardat. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Citapustaka Media Perintis.

Khalitova, L., & Gimaletdinova, G. (2016). Mobile Technologies in Teaching English As a Foreign Language in Higher Education: a Case Study of Using Mobile Application Instagram. ICERI2016 Proceedings, 1(November), 6155–6161. https://doi.org/10.21125/iceri.2016.0395. DOI: https://doi.org/10.21125/iceri.2016.0395

Kusuma Putra, G. L. A., & Kesuma Yudha, A. A. N. B. (2021). Pemanfaatan Komik Digital Sebagai Sarana Bisnis Digital Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Imagine, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.264. DOI: https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.264

Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924

Lawi, S., Putra, S. H. J., & Bunga, Y. N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Santa Maria Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 40–52. https://doi.org/10.55241/spibio.v1i2.11 DOI: https://doi.org/10.55241/spibio.v1i2.11

MA, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(37). https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140, 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277. DOI: https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Naziah, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109–120. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a8171.

Pertiwi, N. P. N., & Wahyudi. (2022). Media Pembelajaran Digital Berbasis Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 402–414. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.51805. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.51805

Rasjid, Y. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Metode Problem Solving Dan Metode Course Review Horay Pada Siswa Kelas IX IPA SMP Jaya Negara Makassar. Jurnal Bionature, 16(2), 117–121.

Rohim, A. M., & Yulianti, D. (2020). Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi Instagram untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa AliUnnes Physics Education Journal. Unnes Physics Education Journal, 9(2).

Sasriya, T., Dibia, I. K., & Kusmariyatni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar. MIMBAR PGSD, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.514. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.514

Setyawan, F., Novianto, V., Ips, P., Universitas, P., & Yogyakarta, P. (2022). Penggunaan Aplikasi Instagram dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Peserta Didik SMP di Jateng. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.336. DOI: https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.336

Setyawan, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem based learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41099. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41099

Sofnidar, S., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257–275. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761

Sudjana. (2015). Metode Statistika. PT Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307.

Trianto. (2009). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Wang, B., & Mao, Z. (2020). A dynamic ensemble outlier detection model based on an adaptive k-nearest neighbor rule. Information Fusion, 63(May), 30–40. https://doi.org/10.1016/j.inffus.2020.05.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.inffus.2020.05.001

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621. DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3729. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265

Widianingrum, R., Suranto, S., Hermanto, F. Y., & Sholikah, M. (2020). Office Communication Competencies for Vocational High School in Industri 4.0. Dinamika Pendidikan, 15(1), 77–86. https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.24348 DOI: https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.24348

Yuliarti, M. S., Rahmanto, A. N., Priliantini, A., Naini, A. M. I., Anshori, M., & Hendriyani, C. T. (2021). Storytelling of Indonesia Tourism Marketing in Social Media: Study of Borobudur and Danau Toba Instagram Account. Jurnal Komunikasi, 13(1), 107–117. https://doi.org/10.24912/jk.v13i1.9209. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v13i1.9209

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Musthafa, N. Q., Sakdiyah, & Azis, A. (2023). Peranan Media Instagram terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 523–532. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.59652

Issue

Section

Articles