Model Flipped Classroom Berbantuan SOFLEN (Song for Learning) Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Ilmi Amalia Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Deni Setiawan Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.62617

Keywords:

Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran, sehingga membuat rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran Flipped Classroom dengan bantuan media SOFLEN (Song for Learning) terhadap hasil belajar dalam muatan pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan metode Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan melibatkan 54 peserta didik, terdiri dari 27 peserta didik di kelas VB (kelompok eksperimen) dan 27 peserta didik di kelas VA (kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan memalui teknik tes dan observasi. Analisis data meliputi uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis yang dilakukan melalui uji independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal dan homogen. Ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 88,89, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 57,78. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media SOFLEN (Song for Learning) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik.

References

Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Akib, E., Imran, M. E., Mahtari, Saiyidah, Mahmud, Rifqi, M., Anggy Giri Prawiyogy, I. S., & Ikhsan, M. H. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 1(1), 39–57. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24. DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24

Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 43. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1129. DOI: https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1129

Barrios, T. A., Rojas, S. L., Movilla, J. S., Ibáñez, S. F. U., & Taboada, A. H. (2022). Characterization Of Flipped Classroom Model in Higher Education: A Perception from Educational Resilience During Covid-19 Pandemic. Procedia Computer Science, 203(2020), 575–582. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.07.082. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.07.082

Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–1934. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.695. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.695

Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2020). Pengaruh Model Problem Based-Learning Dengan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 83–98. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.25460. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.25460

Fauzan, M., Haryadi, H., & Haryati, N. (2021). Penerapan Elaborasi Model Flipped Classroom dan Media Google classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 361. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.55779. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.55779

Febriyona, C., Supartini, T., & Pangemanan, L. (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. Jurnal Jaffray, 17(1), 123. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.326. DOI: https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.326

Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi pengembangan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019). The Use of Wondershare Filmora Version 7.8.9 Media Apps in Flipped Classroom Teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51–55. https://doi.org/10.18280/rces.060301. DOI: https://doi.org/10.18280/rces.060301

Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Rukiyah, R., Rahardjo, B., & Rantina, M. (2022). Cerita dan Lagu Rumah Sederhana untuk Anak Usia Dini Berbasis Media Audio Visual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2690–2699. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2104. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2104

Herreid Clyde Freeman, & Schiller Nancy A. (2013). Case Studies and the Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching, 42(5), 62–66. https://www.jstor.org/stable/43631584?seq%3D1%23page_scan_tab_contents.

Hew, K. F., Bai, S., Dawson, P., & Lo, C. K. (2021). Meta-analyses of flipped classroom studies: A review of methodology. Educational Research Review, 33, 100393. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100393. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100393

Hoshang, S., Hilal, T. A., & Hilal, H. A. (2021). Investigating the acceptance of flipped classroom and suggested recommendations. Procedia Computer Science, 184, 411–418. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.03.052. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.03.052

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111.

Khoirotunnisa’, A. U., & Irhadtanto, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Traditional Flipped Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 17. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.768. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.768

Krisna, R., Mahadewi, L. P. P., & Widiana, I. W. (2020). Korelasi Antara Lingkungan Keluarga dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Ilmu, 25(3), 470–482. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28984. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25650

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705

Lai, C. L., & Hwang, G. J. (2016). A self-regulated flipped classroom approach to improving students’ learning performance in a mathematics course. Computers and Education, 100, 126–140. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.05.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.05.006

Lanta, J., Ecca, S., Asyanti, A., & M.Hijaz Tahir. (2019). Using Documentary Films in Developing Student’s Critical Thinking Skill: Senior High School Context. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(2), 39–43. https://doi.org/10.31849/utamax.v1i2.6331. DOI: https://doi.org/10.31849/utamax.v1i2.6331

Miranti, I., Engliana, & Hapsari, F. S. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 167–173. https://doi.org/10.30998/fjik.v2i2.382.

Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01–14. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980. DOI: https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980

Niken Ayu Mutiasari, & Rusnilawati. (2022). Discovery Learning Assisted by Animation Audio Visual Media Optimizes Problem Solving Ability and Students’ Independent Attitude. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3), 516–524. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i3.53394. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v6i3.53394

Nur Asmah, S., & Kurniawati, D. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Lagu Di Sekolah Dasar. Riemann Research of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 35–47. https://doi.org/10.38114/riemann.v2i1.71. DOI: https://doi.org/10.38114/riemann.v2i1.71

Palazón-Herrera, J., & Soria-Vílchez, A. (2021). Students’ perception and academic performance in a flipped classroom model within Early Childhood Education Degree. Heliyon, 7(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06702. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06702

Pane, A. N., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. wayan. (2020). the Effect of Predict Observe Explain Learning Model Against Science Process Skills of High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 111–119. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.32892. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.32892

Patandean, Y. R. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif. Penerbit Andi.

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830

Pratiwi, D. (2022). Implementasi Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Kelas V SDN 601 Menanggal Surabaya. Snhrp, April, 919–924. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/409.

Rahayu, I., & Sukardi, S. (2021). The development of e-modules project based learning for students of computer and basic networks at vocational school. Journal of Education Technology, 4(4), 398–403. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29230. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29230

Rusnawati, M. D. (2020). Implementasi Flipped Classroom terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 139–150. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i2.198

Sahara, R., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 3(3), 419. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9918. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9918

Sandri, M. (2018). Pengaruh Media Lagu Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Kota Bengkulu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.698. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.698

Seika Ayuni, I. G. A. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Setiawan, A., Widjaja, S. U. M., Kusumajanto, D. D., & Wahyono, H. (2020). The effect of curriculum 2013 on economics learning achievement: Motivation as mediating variable. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 444–459. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30279. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30279

Sofiani, I. F., Mushafanah, Q., & Kiswoyo, K. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.30004. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.30004

Sonia, N. R. (2022). Model Flipped Classroom: Alternatif Pembelajaran di Era New Normal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tang, T., Abuhmaid, A. M., Olaimat, M., Oudat, D. M., Aldhaeebi, M., & Bamanger, E. (2023). Efficiency of flipped classroom with online-based teaching under COVID-19. Interactive Learning Environments, 31(2), 1077–1088. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1817761. DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1817761

Trianti Lestari, N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Ips. International Journal of Elementary Education, 1(4), 290. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12960

Ulusoy, F., & Çakiroğlu, E. (2018). Using video cases and small-scale research projects to explore prospective mathematics teachers’ noticing of student thinking. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(11). https://doi.org/10.29333/ejmste/92020. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/92020

Utaminingtyas, S. (2022). Pengaruh Blanded Learning Model Flipped Classroom melalui Video Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 225. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58342. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58342

UU RI NO.20 Tahun 2003. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya.

Verawati, N. K. R., Tegeh, M., & Antara, P. A. (2020). Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiskha, 8(3), 351–363. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25518.

Wardoyo, C., Satrio, Y. D., & Ratnasari, D. A. (2020). An analysis of teachers’ pedagogical and professional competencies in the 2013 Curriculum with the 2017-2018 revision in Accounting subject. Research and Evaluation in Education, 6(2), 142–149. https://doi.org/10.21831/reid.v6i2.35207. DOI: https://doi.org/10.21831/reid.v6i2.35207

WARYANA, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Google Sites Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 259–267. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.712. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.712

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Widiasworo, E. (2014). Rahasia Menjadi Guru Idola. Ar-Ruzz Media.

Wihinda, A., Laurens, T., & Palinussa, A. L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Improving Student Learning Outcomes on the Material of Two-Variable Linear Equations System. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik, 2(2002), 21–27. DOI: https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page21-27

Windriana, W., Anggreni, K. Y., & Margunayasa, I. G. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Melalui Penerapan Model Course Review Horay. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/27816.

Wulandari, A. (2020). Implementation of the 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). International Journal of Elementary Education, 4(3), 422. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172

Wulandini, N. P. W., I Gusti Ayu Tri Agustiana, & I Nyoman Laba Jayanta. (2022). Model Pembelajaran Aktif Berbantuan Fun Thinkers Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Cuaca. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 446–454. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49456. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.49456

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Amalia, I., & Setiawan, D. (2023). Model Flipped Classroom Berbantuan SOFLEN (Song for Learning) Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 364–372. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.62617

Issue

Section

Articles