Peningkatan Hasil Belajar IPS pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Melalui Penerapan Model Course Review Horay

Authors

  • Widya Windriana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Yayuk Anggreni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN Kotesan yang berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif. Pada Pra-siklus nilai rata-rata kelas ialah 70,25 dengan ketuntasan 28%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 77,68 dengan ketuntasan 68%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 80,44 dengan ketuntasan 88%, berdasarkan hasil tersebut penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Kotesan.

Author Biographies

Widya Windriana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ketut Yayuk Anggreni, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gede Margunayasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Sumaatmadja, N.(2006). Konsep Dasar Pembelajaran IPS. Jakarta.Universitas Terbuka

Suprijono, A. (2016).Model-model Pembelajaran Emansitoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pelajar Wahidmurni.(2017). Metodologi Pembelajaran IPS Pengembangan Standar proses pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Kurniasih, I & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata

Pena Purwanto.(2008). Evaluasi Hasil belajar.Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Mulyasa.(2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatifdan Menyenangkan). Bandung Rosda. Cetakan kesembilan

Ngalinum.(2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Suryabrata, S. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali pers

Published

2023-01-26

How to Cite

Windriana, W., Anggreni, K. Y., & Margunayasa, I. G. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Melalui Penerapan Model Course Review Horay. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/27816

Issue

Section

Articles