MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i3.1355Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing-control sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi /evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 3 Banjar, berjumlah 32 orang dengan rincian 21 siswa putra dan 11 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar passing-control sepakbola secara klasikal sebesar 5,44 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat sebesar 2,19 menjadi 7,63 (aktif) dan meningkat 0,74% menjadi 8,37 pada siklus II. Analisis data hasil belajar passing-control sepakbola pada observasi awal secara klasikal sebesar 9,37% setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat sebesar 62,5% menjadi 71,87% dan meningkat sebesar 21,87% menjadi 93,75% pada siklus IIBerdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing-control sepakbola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Abstract: This study aims to improve the activity and results of learning basic techniques-control passing football through the implementation of the STAD cooperative learning model to eighth grade students of SMP Negeri 3 Banjar 7 academic year 2012/2013. This research is a classroom action research was conducted in two cycles, consisting of an action plan, action, observation / evaluation and reflection. Subjects were eighth grade students of SMP Negeri 3 Banjar 7, totaling 32 people with the details of 21 boys and 11 female student. Data were analyzed using descriptive statistical analysis.Observation data analysis results early learning activities-passing football in the classical control of 5,44 (quite active), after receiving the first cycle of action learning activities increased by 2.19 to 7.63 (active) and increased 0.74% to 8 , 37 on the second cycle. Analysis of learning outcomes data-control passing football at the beginning of the classical observation by 9.37% after the given action in the first cycle of learning outcomes increased by 62.5% to 71.87% and increased by 21.87% to 93.75% on second cycle Based on the results of the data analysis and discussion, it can be concluded that the activity of the basic techniques and learning outcomes-control passing football improved through the implementation of STAD cooperative learning model to eighth grade students of SMP Negeri 3 Banjar 7 academic year 2012/2013. Penjasorkes recommended to teachers to be able to use STAD cooperative.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing-control sepakbola melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi /evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 3 Banjar, berjumlah 32 orang dengan rincian 21 siswa putra dan 11 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar passing-control sepakbola secara klasikal sebesar 5,44 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat sebesar 2,19 menjadi 7,63 (aktif) dan meningkat 0,74% menjadi 8,37 pada siklus II. Analisis data hasil belajar passing-control sepakbola pada observasi awal secara klasikal sebesar 9,37% setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat sebesar 62,5% menjadi 71,87% dan meningkat sebesar 21,87% menjadi 93,75% pada siklus IIBerdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing-control sepakbola meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)