IMPLEMENTASI KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PUKULAN PENCAK SILAT

I Made Sukma Satriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar pukulan (lurus, samping dan sangkol) pencak silat melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studennt Teams Achievement Division (STAD) Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Dengan bentuk guru sebagai peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal adalah 6,96 pada kategori cukup aktif dan hasil belajar pada siklus I mencapai 64,0%. Pada siklus II, aktivitas belajar secara klasikal adalah 8,2 pada kategori aktif, hasil belajar mencapai 88%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar pukulan pencak silat meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Susut tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Atmaja, Putu Pendi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Control Sepakbola Pada Siswa Kelas VII F SMP Neger 1 Sawan Tahun Pelajaran 2014/2015. Singaraja: Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Tersedia.pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ JJP /article/view/2337, (diakses pada: selasa, 11 Juli 2017).

Arsana, I Gede Budi. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2013/2014. Singaraja: Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Tersedia.pada:http://ejournal.undiksha.a c.id/index.php/JJP/article/view/2337, (diakses pada: selasa, 11 Juli 2017).

Budayasa, I Made Ananta. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Amlapura tahun pelajaran 2013/2014. Singaraja: Fakultas Olahraga dan

Kesehatan.Tersedia.pada:http://ejournal

w/2364, (diakses pada: selasa, 11 Juli 2017).

Depdiknas, 2007.Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Johansyah dan Hendro.2004.Pencak Silat.

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.


Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF file view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.