IMPLEMENTASI KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PUKULAN PENCAK SILAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v6i1.22257Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar pukulan (lurus, samping dan sangkol) pencak silat melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studennt Teams Achievement Division (STAD) Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Dengan bentuk guru sebagai peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal adalah 6,96 pada kategori cukup aktif dan hasil belajar pada siklus I mencapai 64,0%. Pada siklus II, aktivitas belajar secara klasikal adalah 8,2 pada kategori aktif, hasil belajar mencapai 88%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar pukulan pencak silat meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Susut tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaranReferensi
Atmaja, Putu Pendi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Control Sepakbola Pada Siswa Kelas VII F SMP Neger 1 Sawan Tahun Pelajaran 2014/2015. Singaraja: Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Tersedia.pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ JJP /article/view/2337, (diakses pada: selasa, 11 Juli 2017).
Arsana, I Gede Budi. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2013/2014. Singaraja: Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Tersedia.pada:http://ejournal.undiksha.a c.id/index.php/JJP/article/view/2337, (diakses pada: selasa, 11 Juli 2017).
Budayasa, I Made Ananta. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Amlapura tahun pelajaran 2013/2014. Singaraja: Fakultas Olahraga dan
Kesehatan.Tersedia.pada:http://ejournal
w/2364, (diakses pada: selasa, 11 Juli 2017).
Depdiknas, 2007.Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Johansyah dan Hendro.2004.Pencak Silat.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Unduhan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)