PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING KONTROL SEPAK BOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v6i1.22258Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing kontrol sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah true eksperimental dengan rancangan The randomized pretest-postestt control group the same subject design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 9 kelas dengan jumlah siswa 270 orang . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII A6 sebagai kelompok ekperimen dan VII A5 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes essay, observasi dan unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan SPSS v.16.0 for windows melalui uji statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data pretest didapatkan data bedistribusi setara dengan nilai sig<0,05. Sehingga untuk uji beda dilakukan pada nilai postestt saja. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar teknik dasar passing kontrol sepak bola, diperoleh nilai postestt kelompok eksperimen (mean = 87.13 dan Std.Dev = 4.783) lebih tinggi dari postestt kelompok kontrol (mean = 83.57 dan Std.Dev = 4.446) nilai signifikansi = 0.004 sehingga sig<0.01. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing kontrol sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran passing kontrol sepakbola karena terbukti meningkatkan hasil belajar.References
Arsini, Ni Nengah. 2015. Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Head Together (NHT)
Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas
IV Semester II Sd Gugus VI Kecamatan
Kintamani. Singaraja: Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Pendidikan
Ganesha.
Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan
Olahraga . Singaraja: Jurusan
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi, Fakultas Olahraga dan
Kesehatan, Universitas Pendidikan
Ganesha.
Suriani, 2013. Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Berbantuan Media Flip Chart
Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Kelas V SD Singaraja: Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Pendidikan
Ganesha.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)