PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING KONTROL SEPAK BOLA

Penulis

  • I Wayan Ella Humiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v6i1.22258

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing kontrol sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah true eksperimental dengan rancangan The randomized pretest-postestt control group the same subject design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 9 kelas dengan jumlah siswa 270 orang . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII A6 sebagai kelompok ekperimen dan VII A5 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes essay, observasi dan unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan SPSS v.16.0 for windows melalui uji statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data pretest didapatkan data bedistribusi setara dengan nilai sig<0,05. Sehingga untuk uji beda dilakukan pada nilai postestt saja. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar teknik dasar passing kontrol sepak bola, diperoleh nilai postestt kelompok eksperimen (mean = 87.13 dan Std.Dev = 4.783) lebih tinggi dari postestt kelompok kontrol (mean = 83.57 dan Std.Dev = 4.446) nilai signifikansi = 0.004 sehingga sig<0.01. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing kontrol sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran passing kontrol sepakbola karena terbukti meningkatkan hasil belajar.

Referensi

Arsini, Ni Nengah. 2015. Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Numbered Head Together (NHT)

Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas

IV Semester II Sd Gugus VI Kecamatan

Kintamani. Singaraja: Fakultas Ilmu

Pendidikan, Universitas Pendidikan

Ganesha.

Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan

Olahraga . Singaraja: Jurusan

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan

Rekreasi, Fakultas Olahraga dan

Kesehatan, Universitas Pendidikan

Ganesha.

Suriani, 2013. Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Berbantuan Media Flip Chart

Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Kelas V SD Singaraja: Fakultas Ilmu

Pendidikan, Universitas Pendidikan

Ganesha.

Terbitan

Bagian

Articles