PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Ni Komang Ayu Devika Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v6i2.22265

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subjec design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 153 orang yang terdistribusi ke dalam sembilan kelas yaitu kelas kelas XI Kayu, XI Keramik, XI Tekstil, Kelas XI Desain Komunikasi Visual, XI Multimedia 1, XI Multimedia 2, XI Akomodasi Perhotelan 1, XI Akomodasi Perhotelan, XI Karawitan. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen nilai pretest diperoleh rata-rata 67,42 sedangkan kelompok kontrol 67,48. Sedangkan hasil nilai posttestkelompok eksperimen rata-rata 86,42. Dan kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 79,44. Peningkatan nilai pada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 19 sedangkan kelompok control hanya mengalami peningkatan 11.96. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah sig<0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bola voli. Dengan demikian disarankan untuk proses pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan.

References

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Pramulia, Yetti Marisa dan Sudarso. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas X SMKN

Surabaya)”. Tersedia pada http://ejournal.unesa.ac.id/index.ph p/jurnal-pendidikan-jasmani/article/ view/9995(diakses pada 5

November 2016).

Santiana, Ni Luh Putu Murtita. 2014. ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Alasangker”. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index

.php/JJPGSD/article/view/3232 (diakses pada 5 November 2016).

Santyasa, I W. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikian Fisika, Fakultas MIPA, IKIP Negeri Singaraja

Sari, Sabrina Pratama dan Muhammad, Heryanto Nur.2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli (Studi Pada Siswa Kelas X TPM 1 SMK PGRI 2 Kota Pasuruan”. Tersedia pada http://ejournal.unesa.ac.id/ article/11056/68/article.pdf (diakses pada 5 November 2016).

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Downloads

Issue

Section

Articles