PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v6i2.22265Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretests-postest control group the same subjec design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 153 orang yang terdistribusi ke dalam sembilan kelas yaitu kelas kelas XI Kayu, XI Keramik, XI Tekstil, Kelas XI Desain Komunikasi Visual, XI Multimedia 1, XI Multimedia 2, XI Akomodasi Perhotelan 1, XI Akomodasi Perhotelan, XI Karawitan. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen nilai pretest diperoleh rata-rata 67,42 sedangkan kelompok kontrol 67,48. Sedangkan hasil nilai posttestkelompok eksperimen rata-rata 86,42. Dan kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 79,44. Peningkatan nilai pada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 19 sedangkan kelompok control hanya mengalami peningkatan 11.96. Angka signifikansi yang diperoleh melalui Uji t adalah sig<0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bola voli. Dengan demikian disarankan untuk proses pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan.Referensi
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Pramulia, Yetti Marisa dan Sudarso. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas X SMKN
Surabaya)”. Tersedia pada http://ejournal.unesa.ac.id/index.ph p/jurnal-pendidikan-jasmani/article/ view/9995(diakses pada 5
November 2016).
Santiana, Ni Luh Putu Murtita. 2014. ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Alasangker”. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index
.php/JJPGSD/article/view/3232 (diakses pada 5 November 2016).
Santyasa, I W. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikian Fisika, Fakultas MIPA, IKIP Negeri Singaraja
Sari, Sabrina Pratama dan Muhammad, Heryanto Nur.2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli (Studi Pada Siswa Kelas X TPM 1 SMK PGRI 2 Kota Pasuruan”. Tersedia pada http://ejournal.unesa.ac.id/ article/11056/68/article.pdf (diakses pada 5 November 2016).
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Unduhan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)