MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI

Authors

  • Dewa Ayu Sudarmianti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.332

Abstract

Dewa Ayu Sudarmianti

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: Sudarmianti@gmai.com

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling (Roll) senam lantai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas  VIII 8 SMP  Negeri 3 Banjar  yang berjumlah 32 orang terdiri dari 22 orang siswa putra dan 10 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.

Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar berguling (roll) secara klasikal sebesar 8,16 (aktif), dan pada siklus II sebesar 9,28 (sangat aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,12 Persentase hasil belajar berguling (roll) secara klasikal pada siklus I sebesar 71,87% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 84,37% (baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,5%.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar berguling (Roll) senam lantai meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII  8 SMP  Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran sebagai alternatif  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling (Roll) senam lantai.

 

Kata-kata kunci: Model kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar senam lantai.

Downloads

Published

2013-01-29

Issue

Section

Articles