MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.332Abstrak
Dewa Ayu Sudarmianti
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: Sudarmianti@gmai.com
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling (Roll) senam lantai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII 8 SMP Negeri 3 Banjar yang berjumlah 32 orang terdiri dari 22 orang siswa putra dan 10 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar berguling (roll) secara klasikal sebesar 8,16 (aktif), dan pada siklus II sebesar 9,28 (sangat aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,12 Persentase hasil belajar berguling (roll) secara klasikal pada siklus I sebesar 71,87% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 84,37% (baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,5%.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar berguling (Roll) senam lantai meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII 8 SMP Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling (Roll) senam lantai.
Kata-kata kunci: Model kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar senam lantai.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)