MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI

Authors

  • Komang Ria Lestari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.333

Abstract

Komang Ria Lestari

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: komangrialestari@gmai.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai (sikap lilin dan kayang).

Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Seririt berjumlah 32 siswa.

Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar sikap lilin dan kayang secara klasikal sebesar 7,5 dan pada  siklus II sebesar 9,4. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,9. Persentase hasil belajar sikap lilin secara klasikal pada siklus I sebesar 72,61%, pada siklus II sebesar 92,24% maka mengalami peningkatan sebesar 19,63%. Sedangkan persentase hasil belajar sikap kayang secara klasikal pada siklus I sebesar 72,12%, pada siklus II sebesar 92,19% maka mengalami peningkatan sebesar 20,07%.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Aktivitas dan hasil belajar senam lantai sikap lilin dan kayang meningkat melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Seririt Pada Tahun Pelajaran 2012/2013”. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai sikap lilin dan kayang pada siswa.

Kata-kata kunci: Model kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar, senam lantai.


 

 

 

 

Downloads

Published

2013-01-29

Issue

Section

Articles