MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.333Abstrak
Komang Ria Lestari
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: komangrialestari@gmai.com
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai (sikap lilin dan kayang).
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Seririt berjumlah 32 siswa.
Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar sikap lilin dan kayang secara klasikal sebesar 7,5 dan pada siklus II sebesar 9,4. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,9. Persentase hasil belajar sikap lilin secara klasikal pada siklus I sebesar 72,61%, pada siklus II sebesar 92,24% maka mengalami peningkatan sebesar 19,63%. Sedangkan persentase hasil belajar sikap kayang secara klasikal pada siklus I sebesar 72,12%, pada siklus II sebesar 92,19% maka mengalami peningkatan sebesar 20,07%.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Aktivitas dan hasil belajar senam lantai sikap lilin dan kayang meningkat melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Seririt Pada Tahun Pelajaran 2012/2013”. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai sikap lilin dan kayang pada siswa.
Kata-kata kunci: Model kooperatif STAD, aktivitas, hasil belajar, senam lantai.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)