PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF(STAD) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOPAT JAUH

Authors

  • I Gede Ariasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.343

Abstract

I Gede Ariasa

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha,Kampus Tengah Undiksha

Singaraja,Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp.(0362)32559

e-mail: gedeariasa62@yahoo.co.id

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Banjar tahun pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Banjar, berjumlah 33 orang terdiri dari 17 siswa putra dan 16 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar secara klasikal yaitu 8,07 (aktif), dan pada siklus II yaitu 8,75 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,68. Persentase hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 87,88%, dan pada siklus II adalah 96,97%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,09%.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tolak peluru pada siswa.

Kata-kata kunci:  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas, Hasil Belajar Lompat Jauh

 

 

Downloads

Published

2013-01-31

Issue

Section

Articles