PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF(STAD) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOPAT JAUH
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.343Abstrak
I Gede Ariasa
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha,Kampus Tengah Undiksha
Singaraja,Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp.(0362)32559
e-mail: gedeariasa62@yahoo.co.id
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Banjar tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Banjar, berjumlah 33 orang terdiri dari 17 siswa putra dan 16 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar secara klasikal yaitu 8,07 (aktif), dan pada siklus II yaitu 8,75 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,68. Persentase hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 87,88%, dan pada siklus II adalah 96,97%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,09%.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tolak peluru pada siswa.
Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas, Hasil Belajar Lompat Jauh
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)