PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i1.36478Keywords:
Kooperatif., NHT., hasil belajar., passing Bola Voli.,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-postest control group the same subject design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 255 orang yang terdistribusi ke dalam delapan kelas yaitu kelas VIII A sampai dengan kelas VIII H. Teknik pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif dan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan analisis data, rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 0,71. Sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 0,47. Hasil analisis data Uji-t menunjukan angka signifikasi 0,000 (P < 0,05). Jadi disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Disarankan kepada guru PJOK agar menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi bola voli karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.References
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmanidan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Perpustakaan Nasional.
Tri Aditya Pratama, I Pt Darmayasa, Ni Md Sri Dewi Lestari (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2016/2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11263/7193 (diakses pada kamis 2 Juli 2019).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subadi, Tjipto. 2011. PTK (Penelitan Tindakan Kelas) Berbasis Lesson Study. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Gede Dedy Suardika Atmaja, I Wayan Rai, Kadek Yogi Parta Lesmana (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/13078/8262. (diakses pada kamis 2 Juli 2019).
Wayan Andi Suandika, I Putu Panca Adi, Ni Putu Dwi Sucita Dartini (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Voli. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11221/7169 (diakses pada 2 Juli 2019).
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmanidan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)