PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Penulis

  • Gusti Ngurah Agus Sugianto Undiksha
  • Wahjoedi Wahjoedi Undiksha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v7i1.36478

Kata Kunci:

Kooperatif., NHT., hasil belajar., passing Bola Voli.,

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar passing bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-postest control group the same subject design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 255 orang yang terdistribusi ke dalam delapan kelas yaitu kelas VIII A sampai dengan kelas VIII H. Teknik pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif dan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan analisis data, rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 0,71. Sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 0,47. Hasil analisis data Uji-t menunjukan angka signifikasi 0,000 (P < 0,05). Jadi disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Disarankan kepada guru PJOK agar menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi bola voli karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

Referensi

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmanidan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Tri Aditya Pratama, I Pt Darmayasa, Ni Md Sri Dewi Lestari (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2016/2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11263/7193 (diakses pada kamis 2 Juli 2019).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subadi, Tjipto. 2011. PTK (Penelitan Tindakan Kelas) Berbasis Lesson Study. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Gede Dedy Suardika Atmaja, I Wayan Rai, Kadek Yogi Parta Lesmana (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/13078/8262. (diakses pada kamis 2 Juli 2019).

Wayan Andi Suandika, I Putu Panca Adi, Ni Putu Dwi Sucita Dartini (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Voli. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11221/7169 (diakses pada 2 Juli 2019).

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmanidan Olahraga. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Diterbitkan

2019-03-30

Terbitan

Bagian

Articles