EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN LURING PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DAN DARING BAGI PESERTA DIDIK DI LUAR ASRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK

Ade Mikael Ardhana Ketaren, I Nyoman Kanca, kadek yogi parta lesmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PJOK yang dilaksanakan di SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe dimana pelaksanaan proses belajar mengajar dilaksanakan secara tatap muka bagi peserta didik di asrama dan pembelajaran secara jarak jauh bagi peserta didik yang belajar dari rumah dalam situasi pandemi covid-19 dan melihat hasil pembelajaran yang dilakukan secara offline atau online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana keterlaksanaan pembelajaran PJOK baik secara tatap muka dan juga secara jarak jauh yang dijabarkan dari hasil belajar peserta didik dalam satu semester yaitu semester ganjil tahun 2020/2021.Subjek dalam penelitian ini diambil dari kelas X IPA 1 dan X IPA 2, dengan rincian peserta didik kelas X IPA 1 berjumlah 40 orang dan peserta didik kelas X IPA 2 berjumlah 40 orang sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari teknik analisis data yang dilakukan pada hasil belajar peserta didik maka diperoleh nilai peserta didik kelas X IPA 1 dengan predikat A (sangat baik) =17 orang, B (baik) =18 orang, C (cukup) =3 orang, D (kurang) =0, sedangkan klasifikasi kelas X IPA 2 yakni predikat A (sangat baik) = 13 orang, B (baik) =25 orang, C (cukup) =5 orang D (kurang) =1 orang. Dari pemaparan hasil belajar peserta didik maka diketahui efektivitas pembelajaran yang dilakukan secara luring lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang di lakukan secara daring

Keywords


efektivitas.,pembelajaran daring dan luring.,hasil belajar.,

Full Text:

PDF

References


Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka

Cipta Gusti Sri, dkk. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid 19. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Kanca, I Nyoman & Wijaya, Made Agus. 2018. Buku Aajar Paradigma Baru Pembelajaran PJOK.Singaraja : Undiksha Press.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Mashud, M. 2019. "Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga", 17(2).

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. http://jurnal.uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/1364 6 diakses pada 23 Agustus 2020

Nguyen, T. (2015). The effectiveness of online learning: Beyond no significant difference and future horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309–319.

Pardomuan N.J.M. Sinambela, M. P. 2008. "Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction)". Jurnal Generasi Kampus, Vol 1, No. 2.

Paturusi Achmad. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta : Rineka Cipta

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. 2020. Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol 17, No. 2.

Purnama Sary Diah dan Panggung Sutapa. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid 19 Mata Pelajaran PJOK. Universitas Negeri Semarang. Tersedia http://semnas.univpgripalembang.ac.id (diakses pada 20 Desember 2020)

Putra Angga. 2020. Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SD Negeri Lendah Kabupaten Kulon Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia http://journal.uny.ac.id/index.php/JJP/article (diakses pada 24 Desember 2020).

Rusman. (2016). Pembelajar Tematik Terpadu. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Sari, D. P., & Sutapa, P. 2020. "Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK)". In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung : Refika Aditama.

Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung. : PT Remaja Rosdarkaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjp.v9i1.36744

Article Metrics

Abstract view : 1189 times
PDF file view : 888 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.