Efektivitas Proses Pembelajaran Luring Peserta Didik yang Tinggal di Asrama dan Daring Bagi Peserta Didik di Luar Asrama Terhadap Hasil Belajar PJOK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v9i1.36744Kata Kunci:
efektivitas., pembelajaran daring dan luring., hasil belajar.,Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PJOK yang dilaksanakan di SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe dimana pelaksanaan proses belajar mengajar dilaksanakan secara tatap muka bagi peserta didik di asrama dan pembelajaran secara jarak jauh bagi peserta didik yang belajar dari rumah dalam situasi pandemi covid-19 dan melihat hasil pembelajaran yang dilakukan secara offline atau online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana keterlaksanaan pembelajaran PJOK baik secara tatap muka dan juga secara jarak jauh yang dijabarkan dari hasil belajar peserta didik dalam satu semester yaitu semester ganjil tahun 2020/2021.Subjek dalam penelitian ini diambil dari kelas X IPA 1 dan X IPA 2, dengan rincian peserta didik kelas X IPA 1 berjumlah 40 orang dan peserta didik kelas X IPA 2 berjumlah 40 orang sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari teknik analisis data yang dilakukan pada hasil belajar peserta didik maka diperoleh nilai peserta didik kelas X IPA 1 dengan predikat A (sangat baik) =17 orang, B (baik) =18 orang, C (cukup) =3 orang, D (kurang) =0, sedangkan klasifikasi kelas X IPA 2 yakni predikat A (sangat baik) = 13 orang, B (baik) =25 orang, C (cukup) =5 orang D (kurang) =1 orang. Dari pemaparan hasil belajar peserta didik maka diketahui efektivitas pembelajaran yang dilakukan secara luring lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang di lakukan secara daringReferensi
Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka
Cipta Gusti Sri, dkk. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid 19. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Kanca, I Nyoman & Wijaya, Made Agus. 2018. Buku Aajar Paradigma Baru Pembelajaran PJOK.Singaraja : Undiksha Press.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Mashud, M. 2019. "Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga", 17(2).
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. http://jurnal.uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/1364 6 diakses pada 23 Agustus 2020
Nguyen, T. (2015). The effectiveness of online learning: Beyond no significant difference and future horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309–319.
Pardomuan N.J.M. Sinambela, M. P. 2008. "Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction)". Jurnal Generasi Kampus, Vol 1, No. 2.
Paturusi Achmad. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta : Rineka Cipta
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. 2020. Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol 17, No. 2.
Purnama Sary Diah dan Panggung Sutapa. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid 19 Mata Pelajaran PJOK. Universitas Negeri Semarang. Tersedia http://semnas.univpgripalembang.ac.id (diakses pada 20 Desember 2020)
Putra Angga. 2020. Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SD Negeri Lendah Kabupaten Kulon Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia http://journal.uny.ac.id/index.php/JJP/article (diakses pada 24 Desember 2020).
Rusman. (2016). Pembelajar Tematik Terpadu. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sari, D. P., & Sutapa, P. 2020. "Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK)". In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung : Refika Aditama.
Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung. : PT Remaja Rosdarkaya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)