Pengaruh Model Permainan Lompat Banner Adi Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Siswa Kelas II SD N 2 Puding Besar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v10i2.52418Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model permainan lompat banner ADI terhadap hasil belajar lompat jauh siswa kelas 2 SDN 2 Puding Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni (true-eksperimental research). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas II SDN 2 Puding Besar yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 20 siswa yang akan menjadi kelompok eksperimen yang di beri perlakuan berupa model permainan lompat banner ADI. Setelah diberikan perlakuan selama 4 kali pertemuan ternyata kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan Analisa data uji hipotesis didapat selisih mean = 4.9 menunjukan selisih dari pretest dan posttest dan hasil t-hitung = 4.388 sedangkan t-tabel = 2.093 artinya t-hitung ˃ t-tabel (4.388 ˃ 2.093), df = 19 dan p-value = 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model pembelajaran lompat banner ADI berbasis permainan. Jadi, hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh model permainan lompat Banner ADI terhadap hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas II SD Negeri 2 Puding Besar”. Terbukti. Jadi kesimpulannya model permainan lompat Banner ADI dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas II SDN 2 Puding Besar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)