Pengaruh Model Permainan Lompat Banner Adi Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Siswa Kelas II SD N 2 Puding Besar

Penulis

  • Andriadi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Adi Saputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v10i2.52418

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model permainan lompat banner ADI terhadap hasil belajar lompat jauh siswa kelas 2 SDN 2 Puding Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen murni (true-eksperimental research). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas II SDN 2 Puding Besar yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 20 siswa yang akan menjadi kelompok eksperimen yang di beri perlakuan berupa model permainan lompat banner ADI. Setelah diberikan perlakuan selama 4 kali pertemuan ternyata kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan Analisa data uji hipotesis didapat selisih mean = 4.9 menunjukan selisih dari pretest dan posttest dan hasil t-hitung = 4.388 sedangkan t-tabel = 2.093 artinya t-hitung ˃ t-tabel (4.388 ˃ 2.093), df = 19 dan p-value = 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model pembelajaran lompat banner ADI berbasis permainan. Jadi, hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh model permainan lompat Banner ADI terhadap hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas II SD Negeri 2 Puding Besar”. Terbukti. Jadi kesimpulannya model permainan lompat Banner ADI dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas II SDN 2 Puding Besar.

Diterbitkan

2022-09-19

Terbitan

Bagian

Articles