PENGEMBANGAN VIDEO PERMAINAN TEMATIK TEMA DIRIKU SUBTEMA AKU MERAWAT TUBUHKU
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan video menggunakan model ADDIE yang mencakup lima langkah, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I Sekolah Dasar di Kecamatan Buleleng pada tahun ajaran 2022/2023 dimana SD di Kecamatan buleleng terdiri dari 19 sekolah yang terbagi dalam 9 gugus.. Uji coba produk terdiri atas (1) Desain Uji Coba, (2) Subjek Uji Coba, (3) Jenis data (4) Tahap Review Para Ahli, (5) Instrument Pengumpulan Data, (6) Teknik Analisis Data. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan pemberian angket (kuestioner). Penelitian ini menunjukkan bahwa video permainan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis tematik tema diriku (Subtema Aku Merawat Tubuhku) untuk peserta didik kelas I Sekolah Dasar layak digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar dengan persentase ahli desain pembelajaran (75%), ahli media pembelajaran (100%), dan praktisi lapangan (94,4%0. Jadi dapat disimpulkan bahwa video permainan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis tematik tema diriku layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.
Kata Kunci : Video, Video Pembelajaran Tematik,Permainan Tematik.
References
REFERENSI
Eryalnto, K. I. T. E., Walhjoedi, W., & Dalrtini, N. (2021). Modul Pembelaljalraln PJOK Temaltik Teritegraltif Sub Temal Alku Istimewal untuk Pesertal Didik Kelals 1 Sekolalh Dalsalr. Jurnall Penjalkoral, 8(1), 9-15.
Falridalh. (2020). Pengalruh Medial Vidio Pembelaljalraln terhaldalp Halsil Pembelaljalraln Temaltik paldal Siswal Kelals VI SD Negeri Kejalwalt Kecalmaltaln Bralng Real Kalbupalten Sumbalwal Balralt. Jurnall Lenteral, 2(2), 79-88. DOI:10.51518/lenteral.v2i2.35.
Haldi, S. (2017). Efektivitals Penggunalaln Video Sebalgali Medial Pembelaljalraln Untuk Siswal
Sekolalh Dalsalr. Prosiding 2017, 1-12.
Hidalyalt, W. Al., & Nyoto, H. (2019). Pengembalngaln Balhaln Aljalr Berbalsis Video Pembelaljalraln Temaltik Dallalm Meningkaltkaln Motivalsi Daln Halsil Belaljalr Siswal Kelals 1 Sd. Jurnall Mitral Pendidikaln, 3(1), 1452–1464. http://www.e-jurnallmitralpendidikaln.com/index.php/e- jmp/alrticle/view/737/473
Jalmpel, I. N., & Puspital, K. R. (2017). Peningkaltaln Halsil Belaljalr Siswal Sekolalh Dalsalr Melallui Alktivitals Pembelaljalraln Mengalmalti Berbalntualn Aludiovisuall. Internaltionall Journall of Elementalry Educaltion, 1(3), 197-205. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156
Krissalndi, Al. D. S. (2018). Pengembalngaln video temaltik sebalgali pengalntalr pembelaljalraln kurikulum 2013 di sekolalh dalsalr. Premiere Educalndum : Jurnall Pendidikaln Dalsalr Daln Pembelaljalraln, 8(1), 68-77. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233
Lestalri, K. T. M. S., & Indrialwalti, P. (2020). Peningkaltkaln Kealktifaln Belaljalr Ekonomi Siswal
Kelals Xi Melalui Medial Vidio Scribe Paldal Pembelaljalraln Dalring Di Smal Negeri 7
Ballikpalpaln. Kompetensi, 13(1), 37–45. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.34
Nurhalfizalh. (2018). Pelaltihaln Pembualtaln Medial Pembelaljalraln Alnalk Usial Dini Menggunalkaln Balhaln Sisal. Ealrly Childhood : Jurnall Pendidikaln, 2(2b), 44–53. https://doi.org/10.35568/ealrlychildhood.v2i2b.288
Nurithal, C., & Tsuralyyal, Al. (2021). Pengembalngaln Video Pembelaljalraln Berbalntualn Geogebral untuk Meningkaltkaln Kemalndirialn Belaljalr Siswal. Jurnall Cendekial : Jurnall Pendidikaln Maltemaltikal, 5(1), 48-64. https://doi.org/10.31004/cendekial.v5i1.430
Pralbalwal, D. G. Al. P., & Restalmi, M. P. (2020). Pengembalngaln Multimedial Temaltik
Berpendekaltaln Salintifik untuk Siswal Sekolalh Dalsalr. Mimbalr PGSD Undikhsal, 8(3), 479–
Purbalyalnti, H. S., Ponohalrjo, P., & Oktalvialni, D. N. (2020). Alnallisis Kebutuhaln Video Pembelaljalraln Maltemaltikal Paldal Palndemi Covid-19. JIPMalt, 5(2), 1-12. https://doi.org/10.26877/jipmalt.v5i2.6693
Setialwaln, M. R., Soekalrdi, & Rumini. (2015). Pengembalngaln Medial Pembelaljalraln Alktivitals Ritmik Berbalsis Multimedial Paldal Pendidikaln Jalsmalni Olalhralgal daln Kesehaltaln Di Sekolalh Menengalh Kejurualn (SMK) Kalbupalten Ogaln Komering Ulu (OKU) Selaltaln Provinsi Sumalteral Selaltaln. Journall of Physicall Educaltion alnd Sports, 4(1), 14–20. http://journall.unnes.alc.id/sju/index.php/jpes
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I KOMANG AGUS TRI SANJAYA I KOMANG AGUS TRI SANJAYA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)