Peningkatan keterampilan passing bawah peserta didik dalam permainan bola voli melalui metode drill dengan bantuan alat modifikasi bola gantung

Authors

  • M. Fatchur Rochim

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v11i1.57632

Abstract

Studi pendahuluan menunjukkan rendahnya keterampilan teknik passing bawah pesera didik dalam permainan bola voli karena bola yang digunakan berukuran standar serta dianggap terlalu keras dan menimbulkan rasa sakit pada tangan. Selain itu, waktu pembelajaran tidak efektif karena waktu banyak digunakan untuk memungut bola yang lepas dari kontrol. Permasalahan diperparah dengan kurangnya sarana prasarana sekolah dalam permainan bola voli. Permasalahan ini perlu diperbaiki agar tidak menurunkan minat dan motivasi peserta didik dalam mata pelajaran Penjasorkes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan keterampilan passing bawah peserta didik dalam permainan bola voli menggunakan metode drill berbantuan alat modifikasi bola gantung. Penelitian dilaksanakan pada 1 sampai 22 Agustus 2022 selama dua siklus yang masing-masing mencakup tindakan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Sejumlah 32 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Juwangi semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri atas 18 putra dan 14 putri menjadi subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik tes, survei, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan data. Instrumen penelitian mengadopsi instrumen penelitian terdahulu dan divalidasi ahli. Data dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata nilai keterampilan passing bawah pada Siklus 2 meningkat sampai dengan 82,81, (2)  ketuntasan klasikal kelas pada Siklus 2 meningkat sampai dengan 84,38%, dan (3)  rata-rata nilai partisipasi peserta didik dalam pembelajaran Siklus 2 diketahui sebesar 78,91, atau tergolong aktif. Hasil penelitian memotivasi rekan-rekan sejawat peneliti untuk memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini tidak memperhitungkan peningkatan keterampilan yang diperoleh peserta didik akibat pelatihan di luar pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang

Pendidikan Dasar Dan Menengah Badan Standar Nasional Pendidikan 2006.

Erdiyanti, Yucky Putri, and Agus Maulana. 2019. “Hubungan Kecemasan Dengan Performa

Atlet Bola Voli Pada Event Kejuaraan Antar Desa Di Desa Orimalang Kec. Jamblang

Kab. Cirebon.” Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal

(2):269. doi: 10.24235/prophetic.v2i2.5813.

Jaya, Hendri, Bayu Insanistyo, and Sofino Sofino. 2018. “Pengaruh Model Latihan

Modifikasi Bola Gantung Terhadap Kemampuan Servis Atas Putra Ekstrakurikuler

Smkn 3 Kota Bengkulu.” Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani 2(2):153–59.

Kemdikbudristek. 2022. “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi

Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak

Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.” Kementerian

Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi 1–72.

Khodijah, Dwinda Nur, Menza Hendri, and Darmaji. 2016. “Upaya Meningkatkan Partisipasi

Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think

Pair Share Di Kelas Xi Mia7 Sman 1 Muaro Jambi.” Jurnal EduFisika 01(02):46–54.

Mulyasa, E. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudirjo, Encep, and Muhammad Nur Alif. 2018. Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik:

Konsep Perkembangan Dan Pertumbuhan Fisik Dan Gerak Manusia. Sumedang: UPI

Sumedang Press.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitain. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Passing

Bawah Dengan Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli Dengan Menggunakan

Bola Gantung Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN 2 Ketandan

Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Dasar

(2):122–27.

Suyono, and Nanik Indahwati. 2013. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam

Pembelajaran Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain Pada

Siswa Kelas V SDN Dukuh Kupang IV / 491 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Olahraga

Dan KesehatanKesehatan 1(1):201–4.

Yahya, Andi Amry, and Sufitriono Sufitriono. 2020. “Pembelajaran Metode Drill Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2

Mare Kabupaten Bone.” Jendela Olahraga 5(1):1–9.

Yusmar, Ali. 2017. “Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi

Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar.” Jurnal Pajar (Pendidikan Dan

Pengajaran) 1(1):143–52.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles