Peningkatan keterampilan passing bawah peserta didik dalam permainan bola voli melalui metode drill dengan bantuan alat modifikasi bola gantung
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v11i1.57632Abstrak
Studi pendahuluan menunjukkan rendahnya keterampilan teknik passing bawah pesera didik dalam permainan bola voli karena bola yang digunakan berukuran standar serta dianggap terlalu keras dan menimbulkan rasa sakit pada tangan. Selain itu, waktu pembelajaran tidak efektif karena waktu banyak digunakan untuk memungut bola yang lepas dari kontrol. Permasalahan diperparah dengan kurangnya sarana prasarana sekolah dalam permainan bola voli. Permasalahan ini perlu diperbaiki agar tidak menurunkan minat dan motivasi peserta didik dalam mata pelajaran Penjasorkes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan keterampilan passing bawah peserta didik dalam permainan bola voli menggunakan metode drill berbantuan alat modifikasi bola gantung. Penelitian dilaksanakan pada 1 sampai 22 Agustus 2022 selama dua siklus yang masing-masing mencakup tindakan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Sejumlah 32 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Juwangi semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri atas 18 putra dan 14 putri menjadi subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik tes, survei, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan data. Instrumen penelitian mengadopsi instrumen penelitian terdahulu dan divalidasi ahli. Data dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata nilai keterampilan passing bawah pada Siklus 2 meningkat sampai dengan 82,81, (2) ketuntasan klasikal kelas pada Siklus 2 meningkat sampai dengan 84,38%, dan (3) rata-rata nilai partisipasi peserta didik dalam pembelajaran Siklus 2 diketahui sebesar 78,91, atau tergolong aktif. Hasil penelitian memotivasi rekan-rekan sejawat peneliti untuk memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini tidak memperhitungkan peningkatan keterampilan yang diperoleh peserta didik akibat pelatihan di luar pembelajaran.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
BNSP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang
Pendidikan Dasar Dan Menengah Badan Standar Nasional Pendidikan 2006.
Erdiyanti, Yucky Putri, and Agus Maulana. 2019. “Hubungan Kecemasan Dengan Performa
Atlet Bola Voli Pada Event Kejuaraan Antar Desa Di Desa Orimalang Kec. Jamblang
Kab. Cirebon.” Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal
(2):269. doi: 10.24235/prophetic.v2i2.5813.
Jaya, Hendri, Bayu Insanistyo, and Sofino Sofino. 2018. “Pengaruh Model Latihan
Modifikasi Bola Gantung Terhadap Kemampuan Servis Atas Putra Ekstrakurikuler
Smkn 3 Kota Bengkulu.” Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani 2(2):153–59.
Kemdikbudristek. 2022. “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi
Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak
Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.” Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi 1–72.
Khodijah, Dwinda Nur, Menza Hendri, and Darmaji. 2016. “Upaya Meningkatkan Partisipasi
Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think
Pair Share Di Kelas Xi Mia7 Sman 1 Muaro Jambi.” Jurnal EduFisika 01(02):46–54.
Mulyasa, E. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudirjo, Encep, and Muhammad Nur Alif. 2018. Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik:
Konsep Perkembangan Dan Pertumbuhan Fisik Dan Gerak Manusia. Sumedang: UPI
Sumedang Press.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitain. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, S. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Passing
Bawah Dengan Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli Dengan Menggunakan
Bola Gantung Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN 2 Ketandan
Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Dasar
(2):122–27.
Suyono, and Nanik Indahwati. 2013. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain Pada
Siswa Kelas V SDN Dukuh Kupang IV / 491 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Olahraga
Dan KesehatanKesehatan 1(1):201–4.
Yahya, Andi Amry, and Sufitriono Sufitriono. 2020. “Pembelajaran Metode Drill Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa SMPN 2
Mare Kabupaten Bone.” Jendela Olahraga 5(1):1–9.
Yusmar, Ali. 2017. “Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi
Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar.” Jurnal Pajar (Pendidikan Dan
Pengajaran) 1(1):143–52.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 M. Fatchur
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)