Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli pada Peserta Didik Kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Suwadnyana I Made SMK Negeri 1 Sawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v11i1.60026

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bola voli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together pada siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan jenis guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan mengenai aktivitas dan hasil belajar bola voli dengan lembar observasi dan instrumen berupa assesmen. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil anailsis data pada siklus I aktivitas belajar lompat jauh gaya menggantung secara klasikal sebesar 8 (aktif) dan pada siklus II sebesar 9,5 (sangat aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15 %. Hasil belajar secara klasikal 82 (baik), dan siklus II sebesar 88 (baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6 %. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar  bola voli meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together  pada siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2022/2023. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together dalam proses pembelajaran sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bola voli.

References

Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran

Pedidikan Jasmani. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Dimiyati dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kanca, 2006. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja : Universitas Pendidikan

Ganesha.

Nurhadi, dkk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles