Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli pada Peserta Didik Kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v11i1.60026Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bola voli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together pada siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan jenis guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan mengenai aktivitas dan hasil belajar bola voli dengan lembar observasi dan instrumen berupa assesmen. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil anailsis data pada siklus I aktivitas belajar lompat jauh gaya menggantung secara klasikal sebesar 8 (aktif) dan pada siklus II sebesar 9,5 (sangat aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15 %. Hasil belajar secara klasikal 82 (baik), dan siklus II sebesar 88 (baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6 %. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar bola voli meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together pada siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2022/2023. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together dalam proses pembelajaran sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bola voli.
Referensi
Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Pedidikan Jasmani. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Dimiyati dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kanca, 2006. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja : Universitas Pendidikan
Ganesha.
Nurhadi, dkk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Suwadnyana I Made
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)