IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Suci Diatmika I Kade .
  • I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. .
  • I Gede Suwiwa, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i1.6886

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Sukasada, sejumlah 21 orang, yaitu 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada Siklus I aktivitas belajar passing bola voli secara klasikal adalah 7.5 (aktif), dan pada siklus II secara klasikal 8.3 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0.8. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar passing bola voli secara klasikal pada siklus I sebesar 33.3% dan pada siklus II secara klasikal sebesar 100%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 66.7%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2015/2016. Oleh karena itu disarankan kepada guru Penjasorkes agar dapat mengimplementasi model pembelajaran ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola voli.
Kata Kunci : Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, aktivitas, hasil belajar, dan passing bola voli.

ABSTRACT This study aims to improve the activity and learning outcomes volleyball passing through the implementation of cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) on grade students of SMA Negeri 1 Sukasada X.2 academic year 2015/2016. This study is a class action, the teacher as researcher. This research was conducted as many as two cycles, which consists of a plan of action, action, observation / evaluation and reflection. The subjects were X.2 grade students of SMA Negeri 1 Sukasada, number 21, which is 10 boy and 11 girls. Data were analyzed using descriptive statistics. The results of data analysis in the first cycle of learning activity in classical volleyball passing was 7.5 (active), and the second cycle in the classical 8.3 (active). From the first cycle to the second cycle increased by 0.8. While the percentage of completeness of learning outcomes in classical volleyball passing the first cycle of 33.3% and the second cycle in the classical style of 100%. From the first cycle to the second cycle increased by 66.7%. Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that the activities and achievement of passing a volleyball improved through the implementation of cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) on grade students of SMA Negeri 1 Sukasada X.2 academic year 2015/2016. It is therefore recommended to teachers Penjasorkes order to implement this model because it is proven to increase activity and learning outcomes passing volleyball.
keyword : Key words: Cooperative Learning Model, STAD, activities, learning outcomes, and passing volleyball.

Published

2016-06-06

Issue

Section

Articles