Survei Minat Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Angkatan 2019 Universitas Negeri Malang Terhadap Pembelajaran Secara Daring dan Luring
Keywords:
Minat; Daring dan Luring; Pendidikan Jasmani Kesehatan dan RekreasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji minat mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Angkatan 2019 Universitas Negeri Malang terhadap pembelajaran secara daring dan luring. Dalam penelitian ini
menggunakan metode survei. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang
digunakan peneliti adalah teknik analisis data statistik deskriptif berupa persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah
mahasiswa PendidikanJasmani Kesehatan dan Rekreasi angkatan 2019 Universitas Negeri Malang yang berjumlah 142
mahasiswa. Hasil penelitian minat mahasiswa terhadap pembelajaran yang dilakukan secara daring dan luring pada
pembelajaran yang dilakukan secara daring minat mahasiswa dalam kategori “sedang” berada pada rata-rata 57% dan pada
pembelajaran secara luring minat mahasiswa dalam kategori “tinggi” berada pada rata-rata 75%. Hasil analisis penelitian
berdasarkan data yang telah didapatkan menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap pembelajaran secara luring lebih
tinggi daripada pembelajaran secara daring.
References
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional,
(2003).
Kemendikbud No.04 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa
darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Afni, K. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 80–85.
https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.337
al., R. et. (2018). 乳鼠心肌提取 HHS Public Access. Physiology & Behavior, 176(5), 139–
https://doi.org/10.4049/jimmunol.1801473.The
Alfiriani, A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi
Pembelajaran TI. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 1–12.
http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1034/704
Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk,
S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L.
Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q.,
… )2015. (ح, فاطمی. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関
連 指 標 に 関 す る 共 分 散 構 造 分 析 Title. Syria Studies, 7(1), 37–72.
https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548
cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil
wars_12December2010.pdf%0Ahttps://thinkasia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24.
https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43
Faujan, S., Riyanto, T., & Alamsyah, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Kampus, Kualitas
Pengelolaan Parkir dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
Universitas Pamulang. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 3(02), 160–174.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132.
https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Gitleman, L., & Kleberger, J. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge .
Toward a Media History of Documents, 7(2), 123–129.
Hanifah Ameliah, I., & Munawaroh, M. (2016). PENGARUH KEINGINTAHUAN DAN
RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
KELAS VII MTs NEGERI I KOTA CIREBON. Eduma : Mathematics Education
Learning and Teaching, 5(1), 9–21. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.598
Hardiyanti, U. (2019). Survei Motivasi Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga
Bolabasket SMA Negeri 11 Makassar. E- Jurnal Program, 10.
http://eprints.unm.ac.id/16210/
Hendriadi, I. G. O. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 68.
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878
Ii, B. A. B., Belajar, A. M., Belajar, P. M., Sterrs, R. M., & Porter, W. (2005). Landasan Teori
Dan Pengajuan Hipotesis. 11–52.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan
Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam
Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A., & Subagyo. (2017). Pengaruh Pola Asuh , Lingkungan
Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan
Bandungan. Educational Management, 6(2), 87–94.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode
Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar
Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.
https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640
Muamar Al Qadri, S. W. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring
di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus
Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous
Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61–71.
https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.187
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87.
https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Muhsin. (2019). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas. Survei Minat
Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas Olahraga Dan Kesehatan Di SMK
AMTI Makasar, 53(9), 1689–1699.
Nabilah, S., Studi, P., & Biologi, P. (2019). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas
sriwijaya 2019. 0711, 1–35.
Nasution, S. L., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina, E. (2021). Pengaruh Media
Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Bidang
Studi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis
Dan Manajemen), 8(1), 67–75. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2068
Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan
Jasmani. Jurnal Penjakora, 6(2), 119. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898
Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi
Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9.
Nurhasanah. (2017). Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Islam. Fondatia: Jurnal Pendidikan
Dasar, 1(1), 61–67. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/87
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian
Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi
Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49.
https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka
Belajar, November, 289–302.
Rahman, T., Basri, M. H., Mashuri, H., & Prasetyo, D. A. (2021). Respon mahasiswa terhadap
perkuliahan online. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 155–168.
https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15217
Rohman, N., Ismaya, H., & Agustiani, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Online Group
Whatsapp dalam Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Metode Untuk Mencapai Hasil
Belajar Siswa. … Edukasi Matematika Dan …, 9(2), 393–408.
https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10675
Setiyawan, Kresnapati, P., & Aji Setyawan, D. (2020). Analisis perkuliahan daring mahasiswa
PJKR Universitas PGRI Semarang sebagai dampak pandemi covid 19. Edu Sportivo:
Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 25–32.
https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5148
Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.
Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif:
Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.
https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Snades, P., Interdisipliner, D. K., & Digital, E. (2022). Kelas daring, kelas luring, preferensi
mahasiswa, persepsi mahasiswa. 310–316.
Subiago, Muliyani, S. E., & Muliadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap
Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(2), 22–26.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhartini, Y. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam
Berwiraswasta (Studi Pada Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta). Akmenika
Upy, 7, 44.
Sukmawati. (2012). Pembelajaran Di Taman Kanak- Kanak Budi Mulia. 1(1), 1–13.
Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku
Landasan Pendidikan.pdf
Wahyuni, E. T. (2012). Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Contextual Teaching and
Learning Melalui Metode Observasi Laboratorium Dan Lingkungan Ditinjau Dari
Keingintahuan Dan Kemandirian Belajar Siswa (Materi Keanekaragaraman Hayati
Di Sma Negeri Karangpandan Siswa Kelas Xt.
Zabir, A. (2018). Pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran terhadap motivasi belajar
siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Riyan Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)