Survei Minat Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Angkatan 2019 Universitas Negeri Malang Terhadap Pembelajaran Secara Daring dan Luring

Authors

  • M Riyan Saputra Universitas Negeri Malang

Keywords:

Minat; Daring dan Luring; Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji minat mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Angkatan 2019 Universitas Negeri Malang terhadap pembelajaran secara daring dan luring. Dalam penelitian ini
menggunakan metode survei. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang
digunakan peneliti adalah teknik analisis data statistik deskriptif berupa persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah
mahasiswa PendidikanJasmani Kesehatan dan Rekreasi angkatan 2019 Universitas Negeri Malang yang berjumlah 142
mahasiswa. Hasil penelitian minat mahasiswa terhadap pembelajaran yang dilakukan secara daring dan luring pada
pembelajaran yang dilakukan secara daring minat mahasiswa dalam kategori “sedang” berada pada rata-rata 57% dan pada
pembelajaran secara luring minat mahasiswa dalam kategori “tinggi” berada pada rata-rata 75%. Hasil analisis penelitian
berdasarkan data yang telah didapatkan menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap pembelajaran secara luring lebih
tinggi daripada pembelajaran secara daring.

References

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional,

(2003).

Kemendikbud No.04 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa

darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Afni, K. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.

Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 80–85.

https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.337

al., R. et. (2018). 乳鼠心肌提取 HHS Public Access. Physiology & Behavior, 176(5), 139–

https://doi.org/10.4049/jimmunol.1801473.The

Alfiriani, A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi

Pembelajaran TI. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 1–12.

http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1034/704

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk,

S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L.

Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q.,

… )2015. (ح, فاطمی. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関

連 指 標 に 関 す る 共 分 散 構 造 分 析 Title. Syria Studies, 7(1), 37–72.

https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548

cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil

wars_12December2010.pdf%0Ahttps://thinkasia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24.

https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Faujan, S., Riyanto, T., & Alamsyah, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Kampus, Kualitas

Pengelolaan Parkir dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Universitas Pamulang. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 3(02), 160–174.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132.

https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Gitleman, L., & Kleberger, J. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge .

Toward a Media History of Documents, 7(2), 123–129.

Hanifah Ameliah, I., & Munawaroh, M. (2016). PENGARUH KEINGINTAHUAN DAN

RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

KELAS VII MTs NEGERI I KOTA CIREBON. Eduma : Mathematics Education

Learning and Teaching, 5(1), 9–21. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.598

Hardiyanti, U. (2019). Survei Motivasi Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga

Bolabasket SMA Negeri 11 Makassar. E- Jurnal Program, 10.

http://eprints.unm.ac.id/16210/

Hendriadi, I. G. O. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga

dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 68.

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878

Ii, B. A. B., Belajar, A. M., Belajar, P. M., Sterrs, R. M., & Porter, W. (2005). Landasan Teori

Dan Pengajuan Hipotesis. 11–52.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan

Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam

Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A., & Subagyo. (2017). Pengaruh Pola Asuh , Lingkungan

Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan

Bandungan. Educational Management, 6(2), 87–94.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode

Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar

Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Muamar Al Qadri, S. W. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring

di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus

Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous

Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61–71.

https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.187

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87.

https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Muhsin. (2019). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas. Survei Minat

Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Penjas Olahraga Dan Kesehatan Di SMK

AMTI Makasar, 53(9), 1689–1699.

Nabilah, S., Studi, P., & Biologi, P. (2019). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas

sriwijaya 2019. 0711, 1–35.

Nasution, S. L., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina, E. (2021). Pengaruh Media

Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Bidang

Studi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis

Dan Manajemen), 8(1), 67–75. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2068

Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan

Jasmani. Jurnal Penjakora, 6(2), 119. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898

Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi

Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9.

Nurhasanah. (2017). Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Islam. Fondatia: Jurnal Pendidikan

Dasar, 1(1), 61–67. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/87

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian

Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi

Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49.

https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka

Belajar, November, 289–302.

Rahman, T., Basri, M. H., Mashuri, H., & Prasetyo, D. A. (2021). Respon mahasiswa terhadap

perkuliahan online. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 155–168.

https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15217

Rohman, N., Ismaya, H., & Agustiani, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Online Group

Whatsapp dalam Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Metode Untuk Mencapai Hasil

Belajar Siswa. … Edukasi Matematika Dan …, 9(2), 393–408.

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10675

Setiyawan, Kresnapati, P., & Aji Setyawan, D. (2020). Analisis perkuliahan daring mahasiswa

PJKR Universitas PGRI Semarang sebagai dampak pandemi covid 19. Edu Sportivo:

Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 25–32.

https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5148

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.

Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif:

Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.

https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Snades, P., Interdisipliner, D. K., & Digital, E. (2022). Kelas daring, kelas luring, preferensi

mahasiswa, persepsi mahasiswa. 310–316.

Subiago, Muliyani, S. E., & Muliadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap

Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(2), 22–26.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhartini, Y. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam

Berwiraswasta (Studi Pada Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta). Akmenika

Upy, 7, 44.

Sukmawati. (2012). Pembelajaran Di Taman Kanak- Kanak Budi Mulia. 1(1), 1–13.

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku

Landasan Pendidikan.pdf

Wahyuni, E. T. (2012). Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Contextual Teaching and

Learning Melalui Metode Observasi Laboratorium Dan Lingkungan Ditinjau Dari

Keingintahuan Dan Kemandirian Belajar Siswa (Materi Keanekaragaraman Hayati

Di Sma Negeri Karangpandan Siswa Kelas Xt.

Zabir, A. (2018). Pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran terhadap motivasi belajar

siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–

Downloads

Published

2023-11-30