Upaya Meningkatikan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Penerapan Model Project Based Learning Berbasis It Pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi A SMKN 1 Singaraja
Keywords:
Model Pembelajaran PjBL, Hasil Belajar, Passing Bawah Bola VoliAbstract
Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Subyek penelitian ini melibatkan partisipasi peserta didik kelas XI Akuntansi A SMK N 1 Singaraja yang berjumlah 36 peserta didik, terdiri dari 5 peserta didik putra dan 31 peserta didik putri. Rancangan penelitian ini menggunakan siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan masing- masing siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data hasil belajar yang digunakan untuk melakukan observasi hasil belajar yaitu dengan menggunakan penilaian hasil belajar (assesment). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis IT dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada materi bolavoli untuk peserta didik.
References
Adnyana, S., & Gunarto, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dalam. 4(1), 12–30.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Singaraja: Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi. Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Undiksha.
Ngurah, G., Sugianto, A., Wahjoedi, H., Pd, M., Luh, N., Spyanawati, P., Pd, S., Pd, M., Jasmani, P. P., & Rekreasi, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI. 7(1), 30–36.
Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186
Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola voli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937
Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 7 KOTA
TANGERANG. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1), 320–327. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)