Upaya Meningkatikan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Penerapan Model Project Based Learning Berbasis It Pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi A SMKN 1 Singaraja

Penulis

  • Josh Hardanta Tarigan Undiksha
  • Wahjoedi Undiksha
  • I Komang Sukarata Adnyana Undiksha

Kata Kunci:

Model Pembelajaran PjBL, Hasil Belajar, Passing Bawah Bola Voli

Abstrak

Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Subyek penelitian ini melibatkan partisipasi peserta didik kelas XI Akuntansi A SMK N 1 Singaraja yang berjumlah 36 peserta didik, terdiri dari 5 peserta didik putra dan 31 peserta didik putri. Rancangan penelitian ini menggunakan siklus dengan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan masing- masing siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data hasil belajar yang digunakan untuk melakukan observasi hasil belajar yaitu dengan menggunakan penilaian hasil belajar (assesment). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis IT dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada materi bolavoli untuk peserta didik.

Referensi

Adnyana, S., & Gunarto, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dalam. 4(1), 12–30.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Singaraja: Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi. Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Undiksha.

Ngurah, G., Sugianto, A., Wahjoedi, H., Pd, M., Luh, N., Spyanawati, P., Pd, S., Pd, M., Jasmani, P. P., & Rekreasi, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI. 7(1), 30–36.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186

Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola voli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937

Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 7 KOTA

TANGERANG. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1), 320–327. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262

Diterbitkan

2025-01-25

Terbitan

Bagian

Articles