PENERAPAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA

Authors

  • Kadek Dwi Yoga Pratistika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.970

Abstract

PENERAPAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA

Kadek Dwi Yoga Pratistika

NIM. 0816011073

Penjaskesrek FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: Padol_sky@yahoo.co.id

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola (menggunakan kaki bagian dalam) pada siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Dawan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus. Terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Dawan, jumlahnya 29 orang siswa, 21 orang siswa putra dan 8 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I yaitu rata-rata persentase aktivitas belajar 7,4 dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola secara klasikal 69 %. Sedangkan hasil analisis data siklus II yaitu rata-rata persentase aktivitas belajar 9 dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola secara klasikal 93,1 %. Aktivitas dan hasil belajar teknik dasar Passing Control Sepak Bola meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif  Tipe STAD pada siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Dawan tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran Tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola.

Kata-kata kunci: kooperatif  tipe STAD, aktivitas, hasil belajar,  sepak bola

Downloads

Published

2013-07-08

Issue

Section

Articles