PENERAPAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.970Abstract
PENERAPAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA
Kadek Dwi Yoga Pratistika
NIM. 0816011073
Penjaskesrek FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: Padol_sky@yahoo.co.id
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola (menggunakan kaki bagian dalam) pada siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Dawan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus. Terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Dawan, jumlahnya 29 orang siswa, 21 orang siswa putra dan 8 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I yaitu rata-rata persentase aktivitas belajar 7,4 dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola secara klasikal 69 %. Sedangkan hasil analisis data siklus II yaitu rata-rata persentase aktivitas belajar 9 dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola secara klasikal 93,1 %. Aktivitas dan hasil belajar teknik dasar Passing Control Sepak Bola meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Dawan tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran Tipe STAD karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola.
Kata-kata kunci: kooperatif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar, sepak bola
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)