PENERAPAN KOOPERATIF TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Putu Astawa Agustina

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.977

Abstract

PENERAPAN KOOPERATIF TAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

I Putu Astawa Agustina

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah

Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: agustina31@yahoo.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli (passing bawah dan passing atas) melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Bebandem, yang berjumlah 35 orang siswa. Data diperoleh dari lembar observasi dan evaluasi dengan menggunakan assessmen teknik dasar passing bola voliBerdasrkan analisis data diperoleh hasil bahwa pada siklus I aktivitas belajar sebesar 7,77 (katagori aktif) dan hasil belajar sebesar 74,28% (katagori cukup baik) sedangkan  pada siklus II aktivitas belajar sebesar 8,33 (katagori aktif) dan hasil belajar sebesar 100% (katagori sangat baik).Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI), karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran, Aktivitas, Hasil Belajar, dan Passing.

 

Downloads

Published

2013-07-08

Issue

Section

Articles