MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SERVIS BOLA VOLI

Authors

  • I Putu Sudiadnyana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.1075

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar servis bola voli pada siswa kelas VIII 9 SMP  Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013”Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas  VIII 9 SMP  Negeri 3 Banjar yang berjumlah 31 orang terdiri dari 18 orang siswa putra dan 13 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar servis bola voli secara klasikal sebesar 7,95 (aktif), dan pada siklus II sebesar 8,89 (aktif). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,94. Persentase hasil belajar servis bola voli secara klasikal pada siklus I sebesar 74,14% (cukup baik), dan pada siklus II sebesar 87,2% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,47%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar servis bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII  9 SMP  Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran sebagai alternatif  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar servis

Abstract: This study aims to improve the activity and service learning outcomes volleyball in eighth grade students of SMP Negeri 3 Banjar 9 academic year 2012/2013 ". This study classified the classroom action research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of a plan of action, action, observation / evaluation and reflection. Research subjects were students of class VIII 9 SMP Negeri 3 Banjar, amounting to 31 people consisting of 18 boys and 13 female student. Data were analyzed using descriptive statistics, results of data analysis in the first cycle service learning activities volleyball classical of 7.95 (active), and the second cycle of 8.89 (active). From the first cycle to the second cycle increased by 0.94. Percentage of service learning volleyball classically in the first cycle of 74.14% (pretty good), and the second cycle was 87.2% (very good). From cycle I to cycle II, an increase of 9.47%, based on the results of the data analysis and discussion, it can be concluded that the activity and service learning outcomes volleyball improved through the implementation of cooperative learning model STAD the eighth grade students of SMP Negeri 3 Banjar 9 academic year 2012/2013. Penjasorkes recommended to teachers to implement STAD cooperative learning model in the learning process as an alternative to improve the activity and service learning outcomes volleyball.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas, hasil belajar, servis            bola voli

Downloads

Published

2013-07-22

Issue

Section

Articles