PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA

Authors

  • I Gede Hendri Ari Susila STKIP Agama Hindu Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v6i2.22264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi ke dalam empat kelas. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,28 sedangkan pada kelompok kontrol 0,10. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples T Test angka signifikansi yang diperoleh adalah 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

References

Fajrin, Yanuar N. 2014. Pengaruh

Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Numbered Head

Together (NHT)

Terhadap Hasil Belajar

Dribbling Sepakbola

(Studi Pada Siswa Kelas XI

SMA Negeri 1 Tarik

Sidoarjo)”.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum

dan Pembelajaran. Cetakan

Ketujuh. Jakarta: Bumi

Angkasa.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi

Penelitian Pengajaran

Pendidikan Jasmani dan

Olahraga. Singaraja:

Universitas Pendidikan

Ganesha.

Nurrahmawati.

“Pengaruh Penerapan

Model

Pembelajaran Kooperatif

Tipe Numbered Heads

Together (NHT) Terhadap

Hasil Belajar Matematika

Siswa SMPN 3 Rambah

Samo

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012.

Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-Model

Pembelajaran Inovatif

Beror

ientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka

Publisher.

Yudha, Gede Wahyu Anggara.

“Implementasi Model

Pembelajaran Kooperatif

Tipe Numbered Head

Together Untuk

Meningkatkan Aktivitas dan

Hasil Belajar Bola Voli

Downloads

Issue

Section

Articles