PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING CONTROL SEPAK BOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v6i2.22264Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi ke dalam empat kelas. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,28 sedangkan pada kelompok kontrol 0,10. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Samples T Test angka signifikansi yang diperoleh adalah 0,000<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.References
Fajrin, Yanuar N. 2014. Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Head
Together (NHT)
Terhadap Hasil Belajar
Dribbling Sepakbola
(Studi Pada Siswa Kelas XI
SMA Negeri 1 Tarik
Sidoarjo)”.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum
dan Pembelajaran. Cetakan
Ketujuh. Jakarta: Bumi
Angkasa.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi
Penelitian Pengajaran
Pendidikan Jasmani dan
Olahraga. Singaraja:
Universitas Pendidikan
Ganesha.
Nurrahmawati.
“Pengaruh Penerapan
Model
Pembelajaran Kooperatif
Tipe Numbered Heads
Together (NHT) Terhadap
Hasil Belajar Matematika
Siswa SMPN 3 Rambah
Samo
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012.
Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model
Pembelajaran Inovatif
Beror
ientasi Konstruktivistik.
Jakarta: Prestasi Pustaka
Publisher.
Yudha, Gede Wahyu Anggara.
“Implementasi Model
Pembelajaran Kooperatif
Tipe Numbered Head
Together Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Bola Voli
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)