KOOPERATIF TIPE GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA

Authors

  • I Nyoman Arimbawa .
  • I Wayan Artanayasa, S.Pd, M.Pd. .
  • dr. Ni Made Sri Dewi Lestari, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.2332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Marga tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Marga, jumlah siswa 25 orang, 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus 1 yaitu aktivitas belajar passing sepak bola secara klasikal 6,8 dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik passing sepak bola 78. Sedangkan hasil analisis data siklus 2 yaitu aktivitas belajar passing sepak bola secara klasikal 8,5, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik passing sepak bola 80. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Marga tahun pelajaran 2013/2014. Oleh karena itu peneliti menyarankan guru penjasorkes untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing sepak bola.
Kata Kunci : GI, aktivitas, hasil belajar, sepak bola.

The purpose of this research is for increasing the activity and learning’s result of football passing technique from ten grade student of XI IPA 1 class in Senior High School number 1 Marga lesson year 2013/2014. This research is classroom action research that the teacher as researcher. The research’s implementation in 2 tech. There are from action’s plan, implementation, action, evaluation, and reflection. The subject of this research is ten grade student of E class in Senior High School number 1 Marga, total 25 students, 10 male students and 15 female students. The Data is analyzed by using descriptive statistic. The result of data from first tech is average of learning activity is 6,8, and completeness percentage of the learning result of passing technique in classical is 78. While the result of data in second tech is average of learning activity is 8,5, and completeness percentage of the learning result of passing technique in classical is 80. Based on data’s analyse and study can be conclude that activity and learning’s result of football passing technique increase by application of cooperative learning model type GI from ten grade student of XI IPA 1 class in Senior High School number 1 Marga lesson year 2013/2014. Because of that the researcher suggesting the teacher of penjassorkes to result of football passing technique.
keyword : GI, activities, learning outcomes, football

Published

2014-02-24

Issue

Section

Articles