MODEL KOOPERATIF TAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEKNIK PASSING VOLI

Authors

  • I Nengah Sudiastawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.328

Abstract

I Nengah Sudiastawan

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: sudiastawannengah@yahoo.co.id

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe TAI. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi.  Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Dawan, yang berjumlah 23 orang terdiri dari 10 orang siswa putra dan 13 orang siswa putri. Data  dianalisis menggunakan statistik deskriptif.  Hasil analisis data yang diperoleh adalah untuk motivasi belajar, pada siklus I sebesar 12,89, pada siklus II sebesar 13,36. Dapat diketahui motivasi belajar siswa meningkat sebesar 0,47 dari 12,89 menjadi 13,36. Sedangkan, hasil belajar siswa, siklus I sebesar 69,57% dengan kriteria cukup, dan siklus II sebesar 91,3% dengan kriteria sangat baik. Dapat diketahui hasil belajar siswa meningkat sebesar 21,73% dari 69,57% menjadi 91,3%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran koperatif tipe TAI pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Dawan tahun pelajaran 2012/2013.

Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe TAI, motivasi, hasil belajar bola voli.

Downloads

Published

2013-01-28

Issue

Section

Articles