MODEL KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BERGULING SENAM LANTAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.329Abstract
Ni Wayan Tirtawati
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: tirtawati963@yahoo.co.id
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar berguling (roll) senam lantai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bangli, berjumlah 34 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data siklus I motivasi belajar berguling (ke depan dan ke belakang) secara klasikal sebesar 11,68 (sedang) dan siklus II sebesar 12,54 (tinggi). Persentase ketuntasan hasil belajar berguling ke depan secara klasikal siklus I sebesar 73,53% (kurang baik) dan siklus II sebesar 85,29% (baik). Persentase ketuntasan hasil belajar berguling ke belakang secara klasikal siklus I sebesar 70,59% (kurang baik) dan siklus II sebesar 82,35% (cukup). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar berguling senam lantai pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Maka disarankan kepada guru Penjasorkes agar menerapkan model pembelajaran kooperatif karena terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Kata-kata kunci: Model kooperatif NHT, motivasi, hasil belajar, roll.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)