PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Authors

  • Gede Hari Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v1i1.337

Abstract

Gede Hari Wijaya

PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559

e-mail: hariwijaya08@yahoo.com

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket (chest pass dan bounce pass) melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI. Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek Penelitian siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 2 Sawan, berjumlah 30 orang dengan rincian 6 orang putra dan 24 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I aktivitas belajar passing chest pass secara klasikal sebesar 7 (aktif), dan meningkat pada siklus II sebesar 9,5 (sangat aktif). Persentase hasil belajar passing secara klasikal pada siklus I sebesar 77,19% (baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 90,05% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket (chest pass dan bounce pass) meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 2 Sawan tahun pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru Penjasorkes untuk mengimplementasikan model pembelajaran ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola basket.

Kata-kata Kunci : “ Model Pembelajaran kooperatif tipe GI, aktivitas, hasil belajar,  bola basket.”

 

Downloads

Published

2013-01-29

Issue

Section

Articles