IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.590Abstract
Kadek Agus Surya Wibawa
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah
Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja – Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: agussuryakaderk@yahoo.co.id
Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2011/2012.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dimana peneliti sebagai guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Seririt, yang jumlahnya 31 orang dengan rincian 14 putra dan 17 putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar lompat jauh mengalami peningkatan sebesar 6,9% dari 70,35% pada siklus I menjadi 77,30% pada siklus II yang tergolong kategori aktif. Sedangkan untuk hasil belajar lompat jauh mengalami peningkatan sebesar 6,7% dari 73.30% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II yang tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan simpulan di atas, disarankan kepada guru Penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh.
k ata kunci: Kooperatif STAD,Aktivitas, Hasil Belajar, Lompat JauhDownloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)