IMPLEMENTASI KOOPERATIF JIGSAW 1 UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SERVICE BOLA VOLI

Authors

  • I Kadek Artayasa .
  • Prof. Dr. I Wayan Rai, MS .
  • dr. Ni Made Sri Dewi Lestari, S.Ked. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v4i1.6931

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar service bola voli melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipejigsaw 1 pada siswa kelas X. Pemasaran SMK PGRI 1 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksaanakan dalam dua siklus.Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Pemasaran SMK PGRI 1 Singaraja, sejumlah 34 orang, yaitu 22 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I yaitu rata-rataaktivitas belajar7,05 (aktif) dan ketuntasan hasil belajar teknik dasar service bola voli secara klasikal 52,94% (kurang baik). Sedangkan hasil analisis data siklus II yaitu rata-rata aktivitas belajar 8,22 (aktif) dan ketutasan hasil belajar teknik dasar service bola voli secara klasikal 100% (sangat baik).Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar service bola voli meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1 pada siswa kelas X. pemasaran SMK PGRI 1 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar dapat mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, jigsaw 1, aktivitas, hasil belajar, dan service bola voli.

This study aimed to improve the activites and results of learning the basic techniques of volleyball service through the implementation of cooperative learning model jigsaw 1 in Class X. Marketing SMK PGRI 1 Singaraja in the academic year 2015/2016. This classroom action research was conducted in two cycles. Those consist of the plan of action, action, evaluation, and reflection. The subjects are 34 students of class X. Marketing SMK PGRI 1 Singaraja, i.e. 22 boys and 12 girls. Data were analyzed by using descriptive statistics. The data analysis result of first cycle of learning volleyball service activity classically is about 7.05 (active), and the final result of the study the basic technique of service in volleyball classically 59,94% (good less). While, the analysis result in second cycle classically is about 8.22 (active) and the final result of of the stdy the basic technique of service in volleyball classically 100% (very good). The results of data analysis and discussion indicated that the activities and achievement of learning volleyball service can be enhanced by the implementation of cooperative learning model jigsaw 1 on tenth grade students of marketing majority of SMK PGRI 1 Singaraja in the academic year 2015/2016. It is recommended to Penjasorkes teachers to implement this cooperative learning model jigsaw 1.
keyword : Cooperative learning model, jigsaw 1, activity, achievement of learning, and learning volleyball service.

Published

2016-06-07

Issue

Section

Articles